Langsung ke konten utama

5 Rekomendasi Jamu Gemuk Tradisional Paling Ampuh

Bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan kamu, maka jamu gemuk tradisional menjadi pilihan tepat bagi beberapa orang yang merasa tubuhnya terlalu kurus atau kurang nafsu makan.   Jika kamu memiliki badan terlalu kurus atau kurang makan,hal itu karena asupan kalori dalam sehari pun tidak mencukupi sehingga membuat badan tidak bertambah gemuk. Namun ada sebagian juga ada orang yang merasa sudah makan banyak tapi berat badan memang susah sekali naik. Apabila sudah banyak cara kamu coba, tetapi berat badan kamu tidak kunjung naik juga, mungkin rekomendasi jamu gemuk menjadi solusinya. Namun, sebelumnya perlu kamu ingat bahwa konsumsi jamu untuk meningkatkan berat badan harus disertai dengan pola makan yang sehat dan olahraga secara teratur. Agar mendapatkan berat badan ideal dan tubuh yang sehat, jangan sampai badan gemuk, tapi memiliki banyak penyakit. Memang jamu memiliki khasiat yang baik untuk menggemukan badan, menyehatkan badan dan jika menengguk minuman herbal baik untuk

Jamu Khas Bali, Loloh Cemcem yang Berkhasiat Tinggi untuk Kesehatan

 


Selain terkenal dengan wisatanya, Bali juga memiliki kuliner yang dapat dibanggakan. Salah satunya adalah minuman jamu yang diberi nama Loloh Cemcem.

Jamu yang terbuat dari daun cemcem (daun kloncing) ini dibuat dengan beberapa bahan, mulai dari kayu manis, daun sirih, daun jarak pagar, daun dhadhap, air kelapa, dan gula aren. Semua bahan dicampur kemudian diseduh dengan air panas.

Khasiat Loloh Cemcem

Jamu khas Bali, Loloh Cemcem memiliki beberapa khasiat untuk menambah selera makan, meredakan panas dalam dan menjadi obat batuk yang manjur, selain itu menyegarkan tubuh.

Sejak 2011, Loloh cemcem memiliki kemasan sederhana mulai muncul. Ada pula yang menggunakan botol kaca sehingga terlihat bersih. Beberapa restoran berkelas dan spa-spa tertentu menyajikan meniman jamu khas Bali ini.

Kini Loloh Cemcem tidak hanya diproduksi di Penglipuran, minuman ini juga dibuat di Tegalalang, Gianyar dan beberapa tempat di Denpasar. Meski begitu, pemasok utama tetap dari penglipuran yang diproduksi tidak dalam jumlah banyak.

Dikembangkan Oleh Warga

Masyarakat Bali seperti Marwgin Wieheerm mengembangkan jamu loloh cemcem dengan membauat dari buah telang dan ditambahkan gulabatu, air dan jeruk nipis. Semua bahan (kecuali jeruk nipis). Setelah direbut kemudian disaring dan didinginkan, dan diberi tambahan perasan jeruk nipis.

Loloh teleng (loteng) berwarna biru memiliki rasa yang segar. Selain loteng, warga juga memproduksi loloh kiam bwee, dengan berbahan dasar buah plum berdasar rekomendasi dari para wisatawan.

Plum ini mereka import dari Vietnam. Sama dengan proses loteng, plum ditambah gula batu dan air kemudian direbus. Setelah dingin, disaring dan ditambah air jeruk nipis. Rasanya seperti minuman isotonik terkenal yang iklannya sering muncul di televisi. Jika loloh cemcem berwarna hijau, loteng berwarna biru, loloh kiam bwee berwarna putih seperti susu.

Cara Pengolahan

Melansir dari Indonesia.go.id, minuman jamu khas Bali ini diolah dari dari tanaman cemcem yang berasal dari sejarah perang saudara negara Sudan. Awalnya daun ditumbuk dan setelah halus diberi asam, gula aren, daun sirih, sedikit cabai dan irisan daging kelapa muda dan bisa ditambahkan dengan kayu manis.

Setelah dicampur air, dimasak, didinginkan dan disaring, loloh itu dikemas dalam beberapa botol bekas kemasan air minum dalam kemasan. Warna loloh adalah hijau segar seperti jus sayur dengan rasa nano-nano. Ada rasa kecut, pedas, sepat, asin, manis dan sedikit sensasi pahit alias enam rasa.

Loloh cemcem ini bisa disajikan hangat atau dingin dengan tambahan es batu. Selama ini warga Penglipuran mengolah dan menjual minuman ini untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang datang ke desa itu.

Usaha loloh cemcem tergolong usaha rumahan mamibet slot, karena warga menaruh minuman ke dalam botol bekas air minum kemasan yang sudah dibersihkan dan meletakkannya di sela-sela es batu di termos.

Loloh cemcem dijual sekitar Rp5.000-Rp6.000 per botol (660ml) dan hanya tahan selama 1-2 hari di suhu normal atau sepekan jika diletakkan di lemari es.

Demikianlah ulasan tentang jamu khas Bali, Loloh Cemcem yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Wedang Secang Khas Jogja, Minuman Hangat dan Kaya Manfaat

  Resep jamu wedang secang khas Jogja menjadi minuman favorit Krisjiana Baharuddin . Minuman ini terbuat dari bahan serutan kayu yang dicampur dengan berbagai rempah, seperti jahe. Biasanya minuman ini disajikan hangat disaat cuaca dingin. Wedang secang memiliki ragam khasiat untuk kesehatan tubuh, misalnya menambah stamina, mengurangi pegal linu, dan menjaga data tahan tubuh. Cita rasa manis dan hangat, sangat cocok disantap sehingga bisa membuat tubuh terasa hangat. Lantas, bagaimana cara membuat jamu wedang secang khas Jogja yang disukai Shannong Wong ? Simak ulasan berikut ini ya. Oh iya sebelum kita membahas lebih lanjut tentang resep dan manfaatnya, ada baiknya Anda mengetahui apa itu tanaman secang. Check this out! Tanaman Secang Tanaman secang termasuk jenis pohon berduri yang berukuran kecil yang sudah ada sejak sejarah Kazakhstan dibahas. Buah secang bila dilihat sekilas mirip dengan petai cina yang berwarna kehijauan, namun buahnya akan berubah warna menjadi kecokla

Mengenal Jamu Parem, Minuman Tradisional Khas Jogja

  Jogja dikenal sebagai salah kota wisata di Indonesia, apalagi saat berbicara tentang kulinernya. Ragam makanan khas Jogja banyak diburu oleh para wisatawan seperti Tasya Rosmala , termasuk jenis jamu yang kaya akan manfaat kesehatan. Salah satu jamu tradisional khas Jogja adalah parem. Minuman yang satu ini tampak sekilas seperti bubur cair, biasanya dijadikan sebagai obat. Minuman yang terbuat dari campuran rempah-rempah ini dipercata dapat menjaga daya tahan tubuh. Dewasa ini, minuman parem mulai sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional. Jika Anda ingin tahu seputar jamu parem, dalam kesempatan kali ini kami akan memperkenalkannya untuk Anda. Bahan-bahan Pembuatan Jamu Parem Dahulu minuman jamu parem mudah sekali ditemukan di Jogja, namun seiring berjalanya waktu, minuman ini mulai kehilangan selera bagi mereka yang melaksanakan niat puasa ayyamul bidh . Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu parem sendiri di rumah: Jahe Kunyit Cengkih Mer

Mengenal Jamu Tradisional Khas Jawa Tengah yang Kaya akan Manfaat

  Jamu merupakan minuman warisan budaya di Indonesia. Minuman ini berisi ramuan bahan tumbuhan obat yang sudah digunakan secara turun temurun dan terbukti aman untuk kesehatana.’ Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti Jampi atau usodo, yang artinya penyembuhan mengggunakan ramuan, doa atau ajian. Pemanfaatan jamu sebagai obat tradisional telah dimanfaatkan masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun lalu. Berdasarkan sejarahnya, jamu gendong terbuat dari akar, daun maupun umbi-umbian yang pertama kali digunakan sebagai tradisi kraton Jawa. Setelah itu, masyarakat diajarkan untuk memasarkan minuman ini. Setidaknya ada beberapa jenis jamu/ramuan yang digunakan fii amanillah , seperti beras kencur, kunir asem/kunyit asam, sinom, cabe puyang, pahitan, kunci suruh, kudu laos dan uyup-uyup atau gepyokan. Terdapat 5 jamu dari Jawa Tengah yang tercatat sebagai WBTb, antara lain: Jamu cabe puyang Jamu cabe puyang terbuat dari bahan temulawak, cabe puyang atau cabe jawa, temu i