Biji Kedawung jadi Bahan Pembuatan Jamu, Apa sih Manfaatnya?

 

Biji kedawung termasuk satu di antara 30 spesies tumbuhan obat langka di Indonesia. Biasanya tanaman ini tumbuh di dalam hutan, dan lereng-lereng yang terjal di Turkmenistan.

Berbagai olahan jamu sering menambahkan biji kedawung. Lantas, apa manfaatnya untuk kesehatan? dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang manfaat biji kedawung sebagai tambahan jamu. Langsung, simak ulasan di bawah ini ya.

Biji Kedawung

Dikutip dari biologionline. Info, tanaman kedawung dikenal sebagai salah satu raksasan hutan. Bentuknya yang tinggi, serta memiliki akar papan yang ukurannya mencapai 5 meter. Tanaman ini juga bermanfaat untuk menahan jika terjadi erosi atau tanah longsor.

Kedawung memiliki nama ilmiah Parkia roxbughii, G.Don yang berasal dari suku polong-polongan atay Fabaceae. Mengutip dari Wikipedia, tumbuhan ini juga dikenal sebagai tanaman obat yang penting, terutama dalam industri jamu, terutama bagian bijinya.

Bentuk bijinya yang seperti mirip petai ini berbentuk hitam pekat, lonjong dan sedikit pipih. Banyak orang yang mengolah biji ini dengan cara menghaluskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Biasanya, biji kedawung yang telah dihaluskan akan diseduh lalu ditambah madu untuk menghilangkan rasa pahirnya.

Manfaat Herbal Kedawung

Daun, biji, dan kulit batang kedawung mengandung saponin dan falvonoida. Di samping itu, daun and kulit batangnya juga mengandung tanin.

Biji kedawung berkhasiat sebagai obat perut kembung, obat kolera, dan juga obat radang usus, serta daunnya yang berkhasiat sebagai obat batuk dan obat mulas.

Hasil penelitian menyebutkan, seluruh bagian tanaman kedawung, antara lain biji, polong, daun, tangkai daun, kulit pohon mengandung senyawa fitosterol yang cukup signifikan. Kandungan fitosterol paling tinggi terdapat pada bagian tangkai daun, dan polong.

Kedawung baik dikonsumsi, mengingat kandungan fitosterolnya tinggi, bahkan beberapa ahli gizi menyarankan konsumsi fitosterol sebanyak minimal 1 gram per hari. Jumlah tersebut diduga secara efektif dapat menurunkan penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan.

Kadawung merupakan tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional, maupun bahan makanan. Tanaman ini memiliki kandungan fitosterol yang berdungsi sebagai pengadang kolesterol jahat.

Tim peneliti UMM dan Jourdy Pranata mengetahui pengaruh fitosterol dan dekok kedawung untuk menurunkan kadar kolesterol pada tikus putih dan mengetahui dosis dekok kedawung yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada tikus tersebut.

Manfaat biji kedawung seperti:

  1. Mencegah penyakit jantung.
  2. Mengobati diare.
  3. Mengobati penyakit kulit seperti kolera.
  4. Mencegah infeksi pada luka.
  5. Sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri atau mikroba yang bersifat parasit.
  6. Anti inflamasi dapat mencegah terjadinya peradangan pada usus.

Demikianlah penjelasan tentang pohon kedawung, biji kedawung, dan manfaatnya untuk minuman herbal. Semoga ulasan ini bermanfaat.

0 Comments