Langsung ke konten utama

Resep Jamu Jahe Jeruk Nipis, Ramuan Ajaib Pereda Demam

  Tahukah kamu ada ramuan ajaib yang terbuat dari hanya dengan dua bahan saja, yaitu jahe dan jeruk nipis? Bahkan cara pembuatannya juga ga sulit loh.  Bahannya mudah ditemukan, bahkan ibu Shenina Cinnamon pasti nyetok bahan ini di kulkas. Tak hanya memberikan manfaat untuk masak, jeruk nipis dan jahe juga bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda loh. Maka dari itu ada baiknya Anda menyimak artikel untuk mengetahui bagaimana cara membuat ramuan dari jeruk nipis dan jahe. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Ramuan Ajaib Jeruk Nipis dan Jahe Siapa sangka bahan yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata bisa dibuat sebagai ramuan jamu tradisional. Bahkan, ramuan tersebut juga bida memberikan banyak manfaat untuk Raja Yordania Abdullah II . Adapun manfaat jamu jahe dan jeruk nipis adalah: 1. Menjadi Penambah Energi Jahe merupakan rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya menghangatkan tubuh dan menjadi penambah energi. Meminum air jahe h

Biji Kedawung jadi Bahan Pembuatan Jamu, Apa sih Manfaatnya?

 

Biji kedawung termasuk satu di antara 30 spesies tumbuhan obat langka di Indonesia. Biasanya tanaman ini tumbuh di dalam hutan, dan lereng-lereng yang terjal di Turkmenistan.

Berbagai olahan jamu sering menambahkan biji kedawung. Lantas, apa manfaatnya untuk kesehatan? dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang manfaat biji kedawung sebagai tambahan jamu. Langsung, simak ulasan di bawah ini ya.

Biji Kedawung

Dikutip dari biologionline. Info, tanaman kedawung dikenal sebagai salah satu raksasan hutan. Bentuknya yang tinggi, serta memiliki akar papan yang ukurannya mencapai 5 meter. Tanaman ini juga bermanfaat untuk menahan jika terjadi erosi atau tanah longsor.

Kedawung memiliki nama ilmiah Parkia roxbughii, G.Don yang berasal dari suku polong-polongan atay Fabaceae. Mengutip dari Wikipedia, tumbuhan ini juga dikenal sebagai tanaman obat yang penting, terutama dalam industri jamu, terutama bagian bijinya.

Bentuk bijinya yang seperti mirip petai ini berbentuk hitam pekat, lonjong dan sedikit pipih. Banyak orang yang mengolah biji ini dengan cara menghaluskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Biasanya, biji kedawung yang telah dihaluskan akan diseduh lalu ditambah madu untuk menghilangkan rasa pahirnya.

Manfaat Herbal Kedawung

Daun, biji, dan kulit batang kedawung mengandung saponin dan falvonoida. Di samping itu, daun and kulit batangnya juga mengandung tanin.

Biji kedawung berkhasiat sebagai obat perut kembung, obat kolera, dan juga obat radang usus, serta daunnya yang berkhasiat sebagai obat batuk dan obat mulas.

Hasil penelitian menyebutkan, seluruh bagian tanaman kedawung, antara lain biji, polong, daun, tangkai daun, kulit pohon mengandung senyawa fitosterol yang cukup signifikan. Kandungan fitosterol paling tinggi terdapat pada bagian tangkai daun, dan polong.

Kedawung baik dikonsumsi, mengingat kandungan fitosterolnya tinggi, bahkan beberapa ahli gizi menyarankan konsumsi fitosterol sebanyak minimal 1 gram per hari. Jumlah tersebut diduga secara efektif dapat menurunkan penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan.

Kadawung merupakan tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional, maupun bahan makanan. Tanaman ini memiliki kandungan fitosterol yang berdungsi sebagai pengadang kolesterol jahat.

Tim peneliti UMM dan Jourdy Pranata mengetahui pengaruh fitosterol dan dekok kedawung untuk menurunkan kadar kolesterol pada tikus putih dan mengetahui dosis dekok kedawung yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada tikus tersebut.

Manfaat biji kedawung seperti:

  1. Mencegah penyakit jantung.
  2. Mengobati diare.
  3. Mengobati penyakit kulit seperti kolera.
  4. Mencegah infeksi pada luka.
  5. Sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri atau mikroba yang bersifat parasit.
  6. Anti inflamasi dapat mencegah terjadinya peradangan pada usus.

Demikianlah penjelasan tentang pohon kedawung, biji kedawung, dan manfaatnya untuk minuman herbal. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Resep Jamu untuk Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Jamu adalah obat alternatif yang teruji memiliki khasiat dan terbuat dari bahan herbal alami. Tradisi turun temurun ini masih dipakai karena jamu tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, serta kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu juga sangat tercangkau. Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu, berasal dari dapur masing-masing. Contohnya, jahe, kunyit, asam, dan yang lainnya. Menyebarnya virus Covid 19 serta buruknya kondisi cuaca saat ini, mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Disaat seperti inilah kita membutuhkan vitamin dan obat-obatan penambah imunitas tubuh. Namun, merebaknya virus Covid 19 membuat harga obat dan vitamin penunjang daya tahan tubuh naik. Kamu bisa beralih ke jamu tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan berbahan kimia yang memiliki pengawet. Jamu Daya Tahan Tubuh Kamu dapat menambah imunitas tubuhmu dengan jamu daya tahan tubuh. Jika kamu terserang virus Covid 19 pun bi

Cegah Anemia dengan Jamu Penambah Darah

  Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan berbagai ramuan herbal atau jamu. salah satunya adalah bagi orang yang mengalami penyakit kurang darah atau anemia. Selain bisa mengonsumsi obat penambah darah yang dijual di apotek, kamu juga bisa mengonsumsi jamu. Beberapa gejala yang bagi penderita anemia adalah mengalami pusing, pingsan, warna kulit memucat, rambut rontok, sesak nafas dan sebagainya. Nah, sekarang kamu bisa mengatasi masalah ini dengan rajin mengonsumsi berbagai bahan alami atau jamu. Apa saja? yuk, simak ulasannya di bawah ini. Lihat juga, Anemia Gravis Rauman Alami atau Jamu Penambah Darah 1. Jus Buah Bit Jamu penambah darah yang pertama bisa kamu dapatkan dari minum jus buah bit. Tahukan kamu bahwa jus buah bit ini memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi? Tidak hanya cocok untuk mengatasi masalah darah rendah atau anemia, buah bit juga kaya akan antioksidan sehingga bisa membuat kulit lebih segar dan glowing. Kamu bisa menambahkan madu untuk mengurasi

Rekomendasi Jamu Asam Urat Tradisional

  Saat kaki Anda tiba-tiba terasa nyeri dan mendadak bengkak, kemungkinan itu penyakit asam urat. Ganguan ini terasa pada daerah persendian dan jempol kaki seseorang. Ketika Anda mengalaminya, kemungkinan akan kesulitan untuk berjalan dan mengganggu aktivitas lainnya. Rasa mengganggu ini tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena berikut kami sampaikan ramuan jamu asam urat tradisional yang mudah untuk dibuat dirumah. penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi bermanfaat di bawah ini sampai habis ya. Redakan Sakit Asam Urat dengan Jamu Tradisional Asam urat merupakan gangguan radang sendi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, kadar asam urat ini harusnya tetap terjaga dalam kadar normal untuk menghindari rasa nyeri pada sendi, terutama di kaki. Banyak jenis obat yang bisa menurunkan kadar asam urat di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu, tapi terlalu lama mengonsumsi obat ini akan memiliki