7 Rekomendasi Jamu untuk Menghilangkan Keputihan yang Perlu Diketahui!


Selain dari obat-obatan dari dokter, keputihan bisa diobati dengan beberapa jenis jamu untuk menghilangkan keputihan. Karena jamu juga tidak kalah efektif dalam mengatai keputihan, serta lebih mudah diperoleh.

Yuk, simak apa saja jamu untuk menghilangkan keputihan yang dapat digunakan untuk mengatasi keputihan.

Keputihan adalah kondisi di mana terdapat cairan yang keluar dari Miss V, yang dapat bersifat normal atau tidak normal. Keputihan normal membantu menjaga Miss V tetap sehat dan melindungi dari infeksi, sementara keputihan yang tidak normal dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang perlu diatasi.

Sehingga untuk dapat mengatasi keputihan di daerah Miss V. Ada baiknya kamu konsumsi jamu saja daripada minum obat-obatan medis.

Berikut adalah beberapa rekomendasi jamu untuk menghilangkan keputihan yang perlu kita ketahui:

1. Daun sirih

Daun sirih adalah salah satu jamu keputihan tradisional yang paling umum digunakan untuk mengatasi keputihan. Kandungan senyawa aktif pada daun sirih, seperti eugenol dan asam tannat, memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengurangi keputihan.

Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dalam air dan kemudian memanfaatkan air rebusannya sebagai kumur-kumur pada area intim. Selain itu, daun sirih juga dapat dihaluskan dan dicampur dengan air untuk dibuat ramuan untuk mengatasi keputihan.

2. Kunyit

Kunyit adalah bahan jamu untuk keputihan yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kandungan senyawa aktif pada kunyit, seperti kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi keputihan. 

Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit dengan air dan mengonsumsinya secara teratur. Kunyit juga dapat dihaluskan dan dicampur dengan air untuk dibuat ramuan untuk mengatasi keputihan.

3. Temulawak

Temulawak adalah salah satu bahan jamu keputihan tradisional. Kandungan senyawa aktif yang pada temulawak, seperti kurkumin dan zat antimikroba lainnya, memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi keputihan. 

Caranya adalah dengan merebus beberapa potong temulawak dalam air dan kemudian memanfaatkan air rebusannya sebagai kumur-kumur pada area intim. Temulawak juga dapat dihaluskan dan dicampur dengan air untuk dibuat ramuan untuk mengatasi keputihan.

4. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang disebut lactobacillus acidophilus adalah salah satu bahan ramuan jamu untuk keputihan dan merapatkan yang membantu menjaga keseimbangan bakteri di area intim dan mengurangi keputihan. Anda dapat mengonsumsi yogurt atau mengaplikasikannya langsung ke area intim.

5. Asam Borat

Asam borat adalah jamu untuk keputihan dan gatal yang dapat digunakan sebagai antiseptik lokal dan membantu mengurangi keputihan. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit asam borat dalam air dan menggunakannya sebagai cairan kumur-kumur atau sebagai semprotan ke area intim. Namun, penggunaan asam borat harus hati-hati dan hanya digunakan jika diresepkan oleh dokter.

6. Cuka Apel

Cuka apel jamu untuk keputihan dan gatal yang mengandung asam asetat dapat membantu mengatur pH alami area intim dan mengurangi keputihan. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel dalam air dan menggunakannya sebagai cairan kumur-kumur atau mengaplikasikannya langsung ke area intim.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah jamu untuk keputihan dan merapatkan yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi keputihan. Caranya adalah dengan mengonsumsi satu sendok makan minyak kelapa setiap hari atau mengaplikasikannya langsung ke area intim

Itulah beberapa rekomendasi jamu untuk menghilangkan keputihan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat kepada para pembaca, khususnya para wanita.

0 Comments