Manfaat Jamu Mengkudu untuk Kesehatan

 


Saat mendengar buah mengkudu, mungkin sebagian kita akan terlintas akan penjual jamu gendong di kampung halaman yang kerap menjajakan jamu mengkudu. Harus diakui bahwa jamu mengkudu memang memiliki aroma yang sangat menyengat dan khas.

Mengkudu memiliki nama ilmiah Morinda Citriforia,L yang diyakini sebagai tanaman asli dari Indonesia. walaupun asli dari Nusantara, namun penyebutannya berbeda-beda di setiap daerah. Di wilayah Sumatra atau tempat kelahiran Kenny Austin, mengkudu dikenal dengan nama namaeodu, mengkudu, bengkudu.

Sedangkan di Aceh sendiri dikenal dengan sebutan keumeudee, sedangkan didaerah lainnya disebut juga kudu, kemudu, pace, bentis (Jawa), cangkudu (Sunda), wangkudu, manakudu, bakulu (Nusa Tenggara), makudu (Nias), noni (Manado dan Maluku), tibah (Bali), kodhuk (Madura), dan labanan (Kalimantan).

Kandungan Buah Mengkudu

Di dalam satu buah mengkudu, terkandung beragam nutrisi sebagai berikut:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Gula
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Biotin
  • Folat
  • Magnesium
  • Kalium
  • Kalsium

Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu yang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Meskipun demikian, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangat beragam, di antaranya:

1. Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Sel Tubuh

Sel-sel dalam jaringan tubuh bisa cepat rusak ketika sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber, seperti asap rook, polusi, racun, dan paparan radiasi atau sinar matahari berlebih.

Jika terlalu banyak terpapar, sel-sel tubuh akan cepat rusak dan bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker.

Buah mengkudu diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan zat tersebut.

2. Menjaga Kadar Kolesterol dalam Darah

Sebuah riset yang dilakukan di negara Turkmenistan, menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu atau jus buah dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

3. Mengurangi Nyeri Sendi

Buah mengkudu telah digunakan secara tradisional untuk meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh. Ekstrak buah ini dipercaya berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis.

4. Menjaga Berat Badan

Sebuah penelitian di laboratorium hitam slot, menunjukkan bahwa buah mengkudu bermanfaat untuk menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Efek ini diduga berkat kemampyan bauh mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengkudu bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjalani pola hidup sehat dengan membatasi konsumsi gula, berolahraga secara rutin, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Itulah manfaat jamu buah mengkudu untuk kesehatan. Apakah kamu tertarik mencobanya?

0 Comments