Jamu Beras Kencur untuk Menambah Nafsu Makan Ternak Kambing

Kambing atau domba menjadi salah satu jenis ternak pilihan masyarakat terkhususnya masyarakat di pedesaan. Kambing merupakan binatang yang termasuk mudah untuk diternak, biaya perawatannya juga yang tidak lebih besar dari perawatan ternak sapi.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa produktivitas ternak kambing atau domba dipengaruhi oleh faktor genetik (30%) dan lingkungan (70%). Pengaruh faktor genetik antara lain, tubuh yang kecil, tulang kecil, dan sebagainya seperti penyakit penyakit turunan. 

Pengaruh faktor lingkungan antara lain seperti pakan, teknik pemeliharaan, kandang, dan iklim. Di antara faktor lingkungan sebelumnya, sekitar 60 % pakan memiliki faktor terbesar yang memengaruhi produktivitas ternak kambing/domba.

Pakan yang dikonsumsi oleh ternak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup ternak, yaitu mempertahankan suhu tubuh, kerja tubuh yang normal, bergerak, dan memperbaiki jaringan yang rusak. 

Kebutuhan pakan pada kambing/domba sangat bervariasi tergantung pada umur, ukuran ternak, lingkungan, keturunan, penyakit dan lain-lain. Produktivitas kambing/domba akan semakin tinggi apabila diberi pakan yang memenuhi kebutuhannya, baik kualitas maupun kuantitas.

Agar pakan dapat dikonsumsi maksimal oleh ternak kambing/domba maka perlu adanya penambah nafsu makan karena sangat dibutuhkan agar ternak mencapai bobot yang maksimal. Faktor yang penting dalam keberhasilan suatu peternakan adalah pemilihan pakan. 

Jika ternak diberikan pakan yang sesuai dan memiliki nutrisi yang baik maka akan memengaruhi pertumbuhan ternak seperti, akan cepat meningkatkan bobot badan dalam waktu yang lebih cepat dan singkat dibandingkan dengan ternak yang diberikan pakan yang asal-asalan saja.

Saat kita menemukan kondisi ternak kambing/domba tidak selera ataupun tidak nafsu makan berarti kita wajib menemukan penyebabnya dan harus segera kita atasi. Nafsu makan pada hewan ternak tidak stabil karena kadang naik kadang turun. 

Banyak sekali faktor yang memengaruhi nafsu makan hewan ternak kambing/domba seperti :

  1. Kondisi pangan yang jelek
  2. Kurang air minum
  3. Adanya penyakit pada kambing/domba
  4. Kambing/domba mengalami stress
  5. Kondisi cuaca yang ekstrim seperti selalu panas

Pada kenyataannya, banyak berbagai masalah yang terjadi melanda para peternak terhususnya pada masalah pakan ataupun nafsu makan ternak hingga kondisi yang memprihatinkan sehingga mengakibatkan kematian pada ternak. Maka disarankan pada peternak untuk mengatasinya dengan memberi ramuan penambah nafsu makan agar terhindar kondisi seperti yang dijelaskan diatas.

Salah satu ramuan yang digunakan untuk menambah nafsu makan pada hewan ternak yaitu jamu. Banyak sekali jenis ramuan jamu yang sudah dijual dan ditemui dipasaran, bisa dibeli dan diberikan pada ternak. 

Namun apabila ragu memilih produk mana yang cocok agar ternak mempunyai nafsu makan tinggi, bisa datang ke dokter hewan atau mantri hewan terdekat. 

Namun pemberian obat dalam waktu panjang juga tidak baik karena akan merepotkan waktu dan repot kantong peternak.  

Salah satu cara atau tips terbaik adalah dengan membuatnya sendiri. Berikut tips pembuatan ramuan jamu untuk menggemukkan ternak kambing/ domba :

  1. Cuci bersih beras kemudian rendam dalam air selama 1 jam
  2. Rebus campuran asam jawa, gula pasir, gula merah, dan jahe dengan air sampai mendidih
  3. Tunggu sampai dingin kemudian buang airnya.
  4. Lanjutkan dengan mencuci kencur segar, kupas kulitnya kemudian potong-potong
  5. Tiriskan air rendaman beras, kemudian blender beras, kencur dan rebusan air gula hingga halus.
  6. Saring jamu beras kencurnya.
  7. Peras ampas blenderan tadi sampai benar benar kering.


Setelah selesai dengan ampas kering tadi maka ramuan jamu beras kencur penambah nafsu makan pada ternak kambing telah selesai. 

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur ampas kering tersebut dengan makanan pokok ternak kambing/domba seperti daun-daunan atau rumput kemudian berikan kepada ternak. 

Setelah memakannya, nafsu makan kambing ternak akan bertambah dan tingkat produktivitas peternakan kambing atau domba akan meningkat juga.

0 Comments