Langsung ke konten utama

Resep Jamu Jahe Jeruk Nipis, Ramuan Ajaib Pereda Demam

  Tahukah kamu ada ramuan ajaib yang terbuat dari hanya dengan dua bahan saja, yaitu jahe dan jeruk nipis? Bahkan cara pembuatannya juga ga sulit loh.  Bahannya mudah ditemukan, bahkan ibu Shenina Cinnamon pasti nyetok bahan ini di kulkas. Tak hanya memberikan manfaat untuk masak, jeruk nipis dan jahe juga bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda loh. Maka dari itu ada baiknya Anda menyimak artikel untuk mengetahui bagaimana cara membuat ramuan dari jeruk nipis dan jahe. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Ramuan Ajaib Jeruk Nipis dan Jahe Siapa sangka bahan yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata bisa dibuat sebagai ramuan jamu tradisional. Bahkan, ramuan tersebut juga bida memberikan banyak manfaat untuk Raja Yordania Abdullah II . Adapun manfaat jamu jahe dan jeruk nipis adalah: 1. Menjadi Penambah Energi Jahe merupakan rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya menghangatkan tubuh dan menjadi penambah energi. Meminum air jahe h

Jamu Nona Meneer, Perusahaan Jamu Terbesar di Indonesia yang Kini Sudah Bangkrut

 

Jamu Nona Meneer, Perusahaan Jamu Terbesar di Indonesia yang Kini Sudah Bangkrut

Putusan pengadilan menyatakan perusahaan jamu legendaris PT Nyonya Meneer pailit. Pailit pada perusahaan ini disebabkan oleh pihak perusahaan tidak mampu lagi untuk menutup atau membayar hutang perusahaan. Ceritanya sangat panjang dan penuh kenangan di Indonesia.

Nama jamu “Nyonya Menil” memang sangat melegenda. Setidaknya generasi 1990-an dan 2000-an. Slogannya yang terkenal adalah “didirikan pada tahun 1919”. Pabrik jamu yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah ini pernah menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Namun, pada Kamis 3 Agustus 2017, Pengadilan Negeri Semarang kemarin menyatakan pailit pada PT Nyonya Meneer. Pabrik jamu yang didirikan pada tahun 1919 itu pun mulai merosot dan akhirnya pailit.

Lahir di Sidoarjo tahun 1895, lahirlah Menir keturunan Tionghoa Lauw Ping Nio. Nama Ménir yang disandangnya bukan karena dia adalah istri dari Meneer Belanda, melainkan dari nama beras menir, butiran halus sisa beras yang ditumbuk. Ketika mengandung meneer, sang ibu sangat ingin makan nasi ini sehingga anak ketiga dari lima bersaudara itu kemudian diberi nama Menir. Karena pengaruh bahasa Belanda, kata menir akhirnya ditulis sebagai "Meneer".

Awalnya, PT Nyonya Meneer adalah sebuah perusahaan kecil bernama Jamu Cap Potret Nyonya Meneer. Berdirinya pabrik jamu ini berawal dari keterbatasan Meneer yang lahir dengan nama Lauw Ping Nio. Pada awal 1900-an, suami Ny. Meneer jatuh sakit.

Berbagai obat mahal diberikan kepadanya, tetapi dia tidak pernah sembuh. Akhirnya, terlepas dari batasan dan kekhawatiran waktu, Nyonya Meneer mencampurkan berbagai bumbu dan rempah-rempah untuk diminum suaminya. Pengobatannya ini berhasil memulihkan kondisi suami tercinta.

Setelah suaminya sembuh, Ibu Meneer sering membantu kerabat dan tetangga di dekat rumahnya yang kebetulan sedang sakit. Misalnya sakit kepala, demam, pilek, dan penyakit ringan lainnya.

Dari situ Nyonya Meneer mulai membuat jamu. Setelah itu, perusahaan jamu tersebut diturunkan secara turun temurun kepada anak cucu. PT Nyonya Meneer mengalami kemajuan pesat pada tahun 1990-an. Produknya dijual ke dunia internasional seperti Asia, Eropa, Amerika dan beberapa negara termasuk Malaysia, Jepang, Korea, Singapura, Taiwan dan China.

Produk-produk populer di pasaran antara lain Galian Putri, Jamu Sariawan, Amurat, Sakit Kencing, Wanita Sehat, Pria Sehat, Galian Rapet, Bibit (Untuk dapat hamil), Mekar Sari, Jamu Pasca Bersalin, Awet Ayu, Gadis Remaja, dll. 

Dari tahun 1984 hingga 2000-an, perusahaan mengalami masalah internal. Dari perebutan kekuasaan hingga permintaan cuti berbayar hingga pemogokan pekerja.

Puncaknya, pada tahun 2017, PN Semarang PT PN Semarang menyatakan Nyonya Menia pailit. Produsen jamu itu digugat pailit oleh PT Nata Meridian Investara. Perusahaan beroperasi dengan piutang tak tertagih sebesar Rp 8,9 miliar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Resep Jamu untuk Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Jamu adalah obat alternatif yang teruji memiliki khasiat dan terbuat dari bahan herbal alami. Tradisi turun temurun ini masih dipakai karena jamu tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, serta kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu juga sangat tercangkau. Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu, berasal dari dapur masing-masing. Contohnya, jahe, kunyit, asam, dan yang lainnya. Menyebarnya virus Covid 19 serta buruknya kondisi cuaca saat ini, mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Disaat seperti inilah kita membutuhkan vitamin dan obat-obatan penambah imunitas tubuh. Namun, merebaknya virus Covid 19 membuat harga obat dan vitamin penunjang daya tahan tubuh naik. Kamu bisa beralih ke jamu tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan berbahan kimia yang memiliki pengawet. Jamu Daya Tahan Tubuh Kamu dapat menambah imunitas tubuhmu dengan jamu daya tahan tubuh. Jika kamu terserang virus Covid 19 pun bi

Cegah Anemia dengan Jamu Penambah Darah

  Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan berbagai ramuan herbal atau jamu. salah satunya adalah bagi orang yang mengalami penyakit kurang darah atau anemia. Selain bisa mengonsumsi obat penambah darah yang dijual di apotek, kamu juga bisa mengonsumsi jamu. Beberapa gejala yang bagi penderita anemia adalah mengalami pusing, pingsan, warna kulit memucat, rambut rontok, sesak nafas dan sebagainya. Nah, sekarang kamu bisa mengatasi masalah ini dengan rajin mengonsumsi berbagai bahan alami atau jamu. Apa saja? yuk, simak ulasannya di bawah ini. Lihat juga, Anemia Gravis Rauman Alami atau Jamu Penambah Darah 1. Jus Buah Bit Jamu penambah darah yang pertama bisa kamu dapatkan dari minum jus buah bit. Tahukan kamu bahwa jus buah bit ini memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi? Tidak hanya cocok untuk mengatasi masalah darah rendah atau anemia, buah bit juga kaya akan antioksidan sehingga bisa membuat kulit lebih segar dan glowing. Kamu bisa menambahkan madu untuk mengurasi

Rekomendasi Jamu Asam Urat Tradisional

  Saat kaki Anda tiba-tiba terasa nyeri dan mendadak bengkak, kemungkinan itu penyakit asam urat. Ganguan ini terasa pada daerah persendian dan jempol kaki seseorang. Ketika Anda mengalaminya, kemungkinan akan kesulitan untuk berjalan dan mengganggu aktivitas lainnya. Rasa mengganggu ini tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena berikut kami sampaikan ramuan jamu asam urat tradisional yang mudah untuk dibuat dirumah. penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi bermanfaat di bawah ini sampai habis ya. Redakan Sakit Asam Urat dengan Jamu Tradisional Asam urat merupakan gangguan radang sendi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, kadar asam urat ini harusnya tetap terjaga dalam kadar normal untuk menghindari rasa nyeri pada sendi, terutama di kaki. Banyak jenis obat yang bisa menurunkan kadar asam urat di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu, tapi terlalu lama mengonsumsi obat ini akan memiliki