Ini Jenis Jamu Agar Terhindar Dari Corona

 

Kebiasaan meminum jamu tradisional telah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jamu merupakan minuman tradisional yang dikonsumsi karena manfaatnya di bidang kesehatan. Obat herbal ini biasanya dibuat dengan campuran kunyit, kencur, temulawak, jahe dan serai.

Untuk dapat mengkonsumsi jamu, tidak harus dibeli karena anda dapat membuatnya sendiri dirumah. Hanya cukup mencampur jamu sederhana dari beberapa rempah-rempah dan bisa dinikmati hangat. 

Di masa pandemi seperti ini, kita harus selalu dalam kondisi kesehatan prima dan mengikuti protokol kesehatan sebaik mungkin. Salah satu cara mencegah infeksi virus corona adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk menjaganya.

Berikut Beberapa Jenis Jamu Tradisional Rempah-rempah yang Menyehatkan

1. Kunyit 


Kunyit merupakan salah satu jenis jamu tradisional China yang sering diresepkan. Kunyit mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri. Selain itu, kunyit juga mengandung senyawa yang dapat melawan radikal bebas.

Antioksidan yang ditemukan dalam kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan. Dengan antioksidan yang kuat maka akan dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. 

Kunyit juga dapat membantu mengatasi nyeri artritis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat meredakan nyeri osteoarthritis dan nyeri arthritis

2. Kencur


Kencur dikenal sebagai obat herbal tradisional yang efektif untuk mengobati pilek dan flu. Untuk mendapatkan ini, kencur harus ditumbuk halus dan ditambahkan air hangat. Ramuan ini juga bisa digunakan sebagai inhaler.

Manfaat lain dari kencur adalah mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan dan menyembuhkan batuk. Kencur juga memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan analgesik. 

Kencur juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak yang sulit makan. Mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat tentunya dapat mempengaruhi stamina tubuh anda.

3. Temulawak


Temulawak juga dapat membantu mencegah corona karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Temulawak mengandung senyawa seperti kurkuminoid, minyak atsiri dan glikosida.

Kurkuminoid terdiri dari kurkumin dan desmetoksikurkumin dan membantu menetralkan racun, menghilangkan rasa sakit, dan memiliki sifat antibakteri dan antioksidan.

4. Jahe


Jahe umumnya digunakan dalam campuran herbal tradisional. Rempah-rempah beraroma unik ini dapat membantu meningkatkan stamina. Selain itu, jahe dapat membantu mengobati mual, muntah, dan radang sendi.

Jahe juga telah terbukti mengurangi rasa mual selama kehamilan. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi dalam jahe dapat melawan bakteri penyakit.

5. Bawang Putih


Bawang putih juga sering dicampur ke dalam jamu. Bawang putih digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena sifat anti inflamasi dan antioksidannya.

Jamu jenis ini adalah salah satu jamu tradisional yang sering diresepkan untuk menjaga stamina tubuh. Jika daya tahan tubuh terjaga dengan baik, gejala corona bisa dihindari.

0 Comments