Apakah Aman Jika Minum Jamu Setiap Hari


Dikenal selama ratusan tahun, minuman herbal Indonesia atau jamu memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan. Namun, asupan herbal ini juga harus dilakukan dalam dosis dan cara yang tepat. Jadi berapa banyak jamu atau jamu yang bisa Anda konsumsi setiap hari?

Sebagai minuman tradisional, jamu dianggap sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh. Jamu sendiri memiliki ragam seperti beras kencur, kunyit asem, temulawak, pahitan, cabe puyang dan uyup-uyup.

Bahan dasar yang digunakan mulai dari rempah-rempah dan akar-akaran seperti kunyit, jahe, asam, sirih, pahitan hingga gula jawa digunakan dalam pembuatan jamu. Semua bahan alami tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, dan pegal linu, serta membantu menurunkan berat badan.

Berbagai resep dan khasiat obat ini telah dikenal secara turun temurun. Hanya saja dari dunia medis sendiri, para dokter yang mengklaim bahwa belum bisa bicara banyak mengenai khasiatnya.


Studi ilmiah mengenai efek samping dari jamu pernah dilakukan, sehingga informasi tentang "dosis" dan siapa yang boleh mengkonsumsi jamu masih terbatas. Bahkan, kata para dokter, mengonsumsi obat herbal juga membutuhkan takaran tersendiri. Dengan kata lain, minum jamu tidak sama seperti meminum air putih yang bisa dinikmati setiap saat.

Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui hal ini. Karena itu, banyak orang akhirnya mengembangkan kebiasaan buruk dengan minum jamu secara berlebihan. Tetapi tim medis merasa belum bisa menentukan dosis yang tepat bagi seseorang untuk meminum jamu karena belum ada penelitian sebelumnya.


Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda saat mengkonsumsi jamu. Pada produk jamu itu sendiri tidak disertakan mengenai dosis dan efek samping dari produk jamu tersebut.

Kementerian kesehatan mengatakan bahwa jamu pada prinsipnya dapat diminum setiap hari. Dengan mengkonsumsi jamu setiap hari merupakan upaya menjaga daya tahan tubuh agar lebih sulit diserang virus, menjaga kesehatan, pulih, tetap sehat, bahkan menjadi lebih cantik. Bahkan, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan program senam minum jamu untuk mendorong masyarakat menggunakan jamu untuk meningkatkan kesehatannya. Obat herbal ini juga ampuh untuk meningkatkan stamina seseorang.

Namun, sebaiknya jika ingin mengkonsumsi jamu, perhatikan bahan yang digunakan dan tidak dalam dosis yang berlebihan. 


0 Comments