Langsung ke konten utama

Ramuan Tradisional Sebagai Obat Batuk Anak Yang Ampuh

Batuk merupakan cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan anda, baik dari dahak atau pemicu iritasi yang lainnya. Meskipun memiliki tujuan untuk melindungi tubuh tetapi, bantuk yang tidak cepat sembuh tentunya akan membuat anda kesal dan jengkel. Biasanya batuk akan semakin parah pada malam hari, utamanya saat anda sedang dalam posisi terbaring. Diketahui bahwa baik batuk kering atau biasa dan berdahak, adalah diakibatkan adanya infeksi virus atau bakteri, asam lambung, asma, dan asam lambung yang naik. Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang mampu mengobati batuk anak, jika kamu belum mengetahuinya simak beberapa jenis ramuan tradisional yang dapat kamu gunakan untuk mengobati batuk anak.   Teh Madu Hangat Madu adalah obat batuk anak tradisional yang ampuh. Sebuah penelitian melakukan perbandingan anak-anak batuk yang diobati dengan madu, dan anak yang diberikan obat batuk dextromethorphan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa madu memberikan rasa lega, pada

Lebih baik Jamu Tradisional atau Obat Kimia?

Pada masa buruknya Covid-19 atau biasa biasa disebut Corona Virus, banyak masyarakat-masyarakat di Indonesia yang berlomba-lomba mencari obat-obatan yang dapat menambah imunitas tubuh. Di sisi lain juga banyak yang mulai mencari ramuan herbal atau jamu yang dipercaya juga selain menyehatkan juga menambah imunitas tubuh.

Tapi apakah teman-teman paham apa yang membedakan jamu tradisional dengan obat kimia? Semakin hari semakin banyak orang yang beralih dari menggunakan obat-obatan kimia menjadi ramuan herbal dengan mempertimbangkan beberapa alasan.

Fakta yang telah terbukti menyatakan bahwa penyakit yang sudah divonis medis tidak dapat disembuhkan lagi ternyata mampu disembuhkan dan diatasi dengan menggunakan ramuan herbal atau jamu.

Walaupun efek penyembuhannya tidak cepat dibandingkan dengan obat kimia, namun secara medis ramuan herbal mampu mengatasi penyakit hingga ke sumber atau akar permasalahannya tidak hanya menyembuhkan gejalanya saja.

Berikut perbedaan obat kimia dengan ramuan herbal atau jamu yang perlu teman teman ketahui :

Obat Kimia

1. Memiliki efek samping yang berupa efek langsung maupun tidak langsung ataupun perlahan-lahan. Hal ini karena obat kimia bersifat anorganik, sementara tubuh manusia bersifat organik. Maka bahan kimia sebenarnya bukan bahan yang cocok untuk kita konsumsi. Penggunaan obat kimia memiliki efek yang tidak dapat terhindarkan karena terbatas pada kadar yang dapat diterima dan ditoleransi oleh tubuh.

2. Lebih diarahkan untuk menghilangkan gejala-gejala dari penyakitnya saja tapi tidak menyembuhkan sampai ke akar permasalahan. Bersifat simptomatis atau hanya berfungsi mengurangi efek sakit atau ketidaknyamanan saja.


3. Bersifat paliatif yang artinya bila tepat sasaran maka penyakit dalam tubuh akan sembuh. Namun bila tidak, maka obat yang dikonsumsi akan mengendap dan akan menjadi racun berbahaya bagi tubuh.

4. Obat lebih diutamakan pada penyakit penyakit akut yang memang membutuhkan pertolongan medis secepatnya seperti asma, patah tulang, infeksi akut dan lain sebagainya.

5. Reaksinya cepat namun bersifat destrukstif yang artinya melemahkan organ tubuh lain, terutama jika dipakai terus menerus dalam waktu lama akan mengakibatkan organ lain melemah dan penyakit lain akan muncul.

6. Harga yang relatif mahal, hal ini disebabkan oleh bahan obat kimia atau alat-alat pembuatan obat ini dengan teknologi yang canggih. Hal ini menyebabkan obat kimia relatif lebih mahal dibandingkan dengan obat herbal yang pengolahan dan bahannya terdapat di negara kita sendiri.

Ramuan Herbal atau Jamu

1. Ramuan herbal tidak hanya menyembuhkan gejala penyakit, tapi juga menyembuhkan hingga ke akar permasalahannya. Hal ini terjadi karena ramuan herbal bersifat organik dan menyeluruh sehingga dapat bekerja langsung hingga pada sumbernya.

2. Ramuan herbal adalah produk alami yang bahannya terdapat di alam sehingga dengan mudah dicerna oleh tubuh. Sejak dulu orang Indonesia telah meminum beragam jenis ramuan herbal dan tidak pernah tercatat ada kasus efek samping yang mengakibatkan.

3. Multikhasiat yang artinya tidak hanya menyembuhkan satu penyakit. Melainkan dapat menyembuhkan beberapa penyakit sekaligus karena komposisi bahan aktif di dalam tersebut memiliki banyak khasiat dan bekerja secara sinergis.


4. Penggunaannya yang lebih sederhana dan pencarian bahan bahannya tidak sulit. Proses pembuatannya juga hanya menggunakan peralatan dapur sederhana tidak seperti obat kimia yang membutuhkan peralatan yang canggih.

5. Lebih diutamakan dalam mencegah penyakit, kalau untuk pengobatan langsung akan membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung jenis penyakitnya sendiri.

6. Efek samping yang dimiliki relatif lebih kecil, bahkan ada yang tidak memiliki efek samping apabila digunakan secara tepat. Terjadinya efek samping apabila ternyata ada penyakit lain yang ternyata tidak cocok dengan ramuan yang teman-teman minum.

Demikian beberapa uraian perbedaan obat kimia dan ramua herbal. Namun, petunjuk dokter tentu akan sangat berguna dalam mengonsumsi obat apapun baik itu obat herbal maupun kimia, karena anda memerlukan diagnosa penyakit dari dokter terlebih dahulu sebelum menentukan obat apa yang cocok bagi penyakit Anda. Salam Sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Resep Jamu untuk Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Jamu adalah obat alternatif yang teruji memiliki khasiat dan terbuat dari bahan herbal alami. Tradisi turun temurun ini masih dipakai karena jamu tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, serta kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu juga sangat tercangkau. Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu, berasal dari dapur masing-masing. Contohnya, jahe, kunyit, asam, dan yang lainnya. Menyebarnya virus Covid 19 serta buruknya kondisi cuaca saat ini, mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Disaat seperti inilah kita membutuhkan vitamin dan obat-obatan penambah imunitas tubuh. Namun, merebaknya virus Covid 19 membuat harga obat dan vitamin penunjang daya tahan tubuh naik. Kamu bisa beralih ke jamu tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan berbahan kimia yang memiliki pengawet. Jamu Daya Tahan Tubuh Kamu dapat menambah imunitas tubuhmu dengan jamu daya tahan tubuh. Jika kamu terserang virus Covid 19 pun bi

Rekomendasi Jamu Asam Urat Tradisional

  Saat kaki Anda tiba-tiba terasa nyeri dan mendadak bengkak, kemungkinan itu penyakit asam urat. Ganguan ini terasa pada daerah persendian dan jempol kaki seseorang. Ketika Anda mengalaminya, kemungkinan akan kesulitan untuk berjalan dan mengganggu aktivitas lainnya. Rasa mengganggu ini tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena berikut kami sampaikan ramuan jamu asam urat tradisional yang mudah untuk dibuat dirumah. penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi bermanfaat di bawah ini sampai habis ya. Redakan Sakit Asam Urat dengan Jamu Tradisional Asam urat merupakan gangguan radang sendi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, kadar asam urat ini harusnya tetap terjaga dalam kadar normal untuk menghindari rasa nyeri pada sendi, terutama di kaki. Banyak jenis obat yang bisa menurunkan kadar asam urat di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu, tapi terlalu lama mengonsumsi obat ini akan memiliki

Manfaat Jamu Kunci Suruh Untuk Organ Kewanitaan

Hai sobat blog.. Gimana kabarnya hari ini ? sehat bukan ? Sobat tentu sudah tidak asing lagi dengan obat tradisional atau yang lebih disebut jamu bukan ? Pada zaman dahulu, obat tradisional ini dapat kita temui pada penjual jamu gendong. Namun, pada saat ini. Sajian obat tradisional ini juga sudah tersedia dalam kemasan instan tinggal seduh. Salah satu jenis jamu yang populer dikalangan masyarakat terkhususnya perempuan ialah jamu kunci suruh atau jamu kunci sirih. Seperti namanya, daun sirih adalah bahan dasar dari jamu yang satu ini. Daun sirih memang sudah terkenal mampu menangani berbagai masalah pada organ kewanitaan. Memiliki aroma yang khas, tumbuhan yang satu ini sering sekali dijadikan bahan dasar pembuatan berbagai produk-produk kewanitaan yang memiliki berbagai manfaat. Diantaranya ialah, produk untuk mengatasi keputihan hingga produk pemulihan pasca melahirkan. Daun sirih segar yang dicampur dengan rimpang kunci dan sedikit asam jawa dapat menjelma menjadi jamu k