Langsung ke konten utama

Ramuan Tradisional Sebagai Obat Batuk Anak Yang Ampuh

Batuk merupakan cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan anda, baik dari dahak atau pemicu iritasi yang lainnya. Meskipun memiliki tujuan untuk melindungi tubuh tetapi, bantuk yang tidak cepat sembuh tentunya akan membuat anda kesal dan jengkel. Biasanya batuk akan semakin parah pada malam hari, utamanya saat anda sedang dalam posisi terbaring. Diketahui bahwa baik batuk kering atau biasa dan berdahak, adalah diakibatkan adanya infeksi virus atau bakteri, asam lambung, asma, dan asam lambung yang naik. Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang mampu mengobati batuk anak, jika kamu belum mengetahuinya simak beberapa jenis ramuan tradisional yang dapat kamu gunakan untuk mengobati batuk anak.   Teh Madu Hangat Madu adalah obat batuk anak tradisional yang ampuh. Sebuah penelitian melakukan perbandingan anak-anak batuk yang diobati dengan madu, dan anak yang diberikan obat batuk dextromethorphan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa madu memberikan rasa lega, pada

Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Tanaman ini memiliki nama latin Curcuma Zanthorrhiza  ini biasanya berbentuk seperti silindeer dengan diameter 6 cm.

Manfaat temulawak umumnya digunakan sebagai pengobatan tradisional. Banyak yang menggunakan tanaman herbal ini sebagai suplemen, sebagai obat antiradang serta untuk menyembuhkan luka.

Temulawak memiliki tiga zat aktif yang terkandugn dalam temulawak, yaitu zat Germakron yang bersifat antiradang dan menghambat pembengkakan. P-toluilmetillkarbinol dan seskuiterpen d-kamper, yang bersifat meningkatkan produksi empedu, dan tumeron yang bersifat antimikroba.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

1.  Mengobati Gangguan Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah dapat merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Menurut para ahli, bahan alami ini juga berpotensi untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar dan meningkatkan nafsu makan.

2. Mengatasi Osteoartritis

Khasiat temulawak lainnya adalah berpotensi membantu pasien yang mengalami Osteartritis. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang sendi secara degeneratif, dimana sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku.

3. Obat Kanker

Meski masih sangat terbatas, ada studi yang memperlihatkan khasiat kandungan kurkumin temulawak untuk pengobatan kanker.

Sebuah ulasan dalam Genes & nutrition (2010) menunjukkan kandungan kurkumin berpotensi membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan herbal ini mungkin bisa menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

4. Obat Antiradang

Temulawak mengandung senyawa antiradang yang lebih kuat daripada turunan kurkuminoid lainnya seperti bentuk demetoksi atau bisdesmetoksi.

Kandungan antiradang di dalamnya juga berpotensi membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

5. Antibakteri dan Antijamur

Kandungan antibakteri dalam bahan herbal ini memiliki manfaat terutama cukup efektid untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

Kemampuan antijamur dimungkinkan karena senyawa fenolik, xanthorrhizoni dan kurkuminoid sebagai bahan utamanya. Senyawa antijamur ini berpotensi untuk menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

6. Obat Jerawat

Bahan herbal yang satu ini juga berpotensi sebagai obat jerawat karena memiliki astringent. Senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya.

Kandungan antiseptik di dalam astringent juga bisa membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu jerawat yang meradang akan berangsur membaik dan sembuh.

7. Menjaga Kesehatan Hati

Ekstrak temulawak memiliki manfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksin, seperti tetraklorida dan asetaminopen.  

Bahan herbal ini berpotensi menjadi salah satu bahan alami yang dapat dijadikan pilihan untuk menghindari penyebab efek buruk pada hati, guna menjaga kesehatan hati.

8. Meredakan Kram Otot

Minyak temulawak ternyata juga berpotensi sebagai sebagai antispasmodik. Antispasmodik merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai pelemas otot. Artinya, obat ini bisa merilekskan otot halus di usus dan mencegahnya dari kejang.

Obat antispasmodik biasanya bermanfaat untuk mengatasi kondisi Irritable Bowel Syndrome (IBS). IBS adalah kondisi saat usus besar mengalami gangguan akibat kontraksi otot yang tidak normal. Dengan kandungan antispasmodiknya, bahan herbal ini berpotensi untuk menjadi salah satu obat alami yang bisa membantu meringankan gejala IBS.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Resep Jamu untuk Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Jamu adalah obat alternatif yang teruji memiliki khasiat dan terbuat dari bahan herbal alami. Tradisi turun temurun ini masih dipakai karena jamu tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, serta kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu juga sangat tercangkau. Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu, berasal dari dapur masing-masing. Contohnya, jahe, kunyit, asam, dan yang lainnya. Menyebarnya virus Covid 19 serta buruknya kondisi cuaca saat ini, mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Disaat seperti inilah kita membutuhkan vitamin dan obat-obatan penambah imunitas tubuh. Namun, merebaknya virus Covid 19 membuat harga obat dan vitamin penunjang daya tahan tubuh naik. Kamu bisa beralih ke jamu tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan berbahan kimia yang memiliki pengawet. Jamu Daya Tahan Tubuh Kamu dapat menambah imunitas tubuhmu dengan jamu daya tahan tubuh. Jika kamu terserang virus Covid 19 pun bi

Rekomendasi Jamu Asam Urat Tradisional

  Saat kaki Anda tiba-tiba terasa nyeri dan mendadak bengkak, kemungkinan itu penyakit asam urat. Ganguan ini terasa pada daerah persendian dan jempol kaki seseorang. Ketika Anda mengalaminya, kemungkinan akan kesulitan untuk berjalan dan mengganggu aktivitas lainnya. Rasa mengganggu ini tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena berikut kami sampaikan ramuan jamu asam urat tradisional yang mudah untuk dibuat dirumah. penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi bermanfaat di bawah ini sampai habis ya. Redakan Sakit Asam Urat dengan Jamu Tradisional Asam urat merupakan gangguan radang sendi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, kadar asam urat ini harusnya tetap terjaga dalam kadar normal untuk menghindari rasa nyeri pada sendi, terutama di kaki. Banyak jenis obat yang bisa menurunkan kadar asam urat di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu, tapi terlalu lama mengonsumsi obat ini akan memiliki

Manfaat Jamu Kunci Suruh Untuk Organ Kewanitaan

Hai sobat blog.. Gimana kabarnya hari ini ? sehat bukan ? Sobat tentu sudah tidak asing lagi dengan obat tradisional atau yang lebih disebut jamu bukan ? Pada zaman dahulu, obat tradisional ini dapat kita temui pada penjual jamu gendong. Namun, pada saat ini. Sajian obat tradisional ini juga sudah tersedia dalam kemasan instan tinggal seduh. Salah satu jenis jamu yang populer dikalangan masyarakat terkhususnya perempuan ialah jamu kunci suruh atau jamu kunci sirih. Seperti namanya, daun sirih adalah bahan dasar dari jamu yang satu ini. Daun sirih memang sudah terkenal mampu menangani berbagai masalah pada organ kewanitaan. Memiliki aroma yang khas, tumbuhan yang satu ini sering sekali dijadikan bahan dasar pembuatan berbagai produk-produk kewanitaan yang memiliki berbagai manfaat. Diantaranya ialah, produk untuk mengatasi keputihan hingga produk pemulihan pasca melahirkan. Daun sirih segar yang dicampur dengan rimpang kunci dan sedikit asam jawa dapat menjelma menjadi jamu k