Jenis Jamu yang Cocok untuk Ibu Setelah Melahirkan

 

Mengonsumsi jamu setelah melahirkan bukanlah rahasia umum lagi, selain bisa memulihkan kondisi lebih cepat, juga bisa menyegarkan badan.

Proses melahirkan secara normal ataupun Caesar sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, sebagian ibu hamil lebih memilih untuk melahirkan secara normal.

Ketika sudah melahirkan, saatnya mengembalikan kondisi kesehatan dan tubuh agar kembali singset seperti sebelum hamil.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh tersebut bukanlah hal yang mudah, biasanya mereka lebih memilih untuk mengonsumsi jamu. Apa saja jamu yang tepat untuk ibu konsumsi setelah melahirkan?

1. Jamu Kunyit Asam

Kunyit mengandum banyak senyawa anti-inflamasi yang bisa membantu mempercepat pemulihan pasca melahirkan. Sehingga cocok dijadikan sebagai bahan jamu setelah melahirkan.

Jamu kunyit bisa mengencangkan otot yang kendur selama masa kehamilan, khususnya mengencangkan otot vagina supaya kembali rapat dan mengembalikan tubuh agar singset.

2. Jamu Beras Kencur

Beras kencur membantu untuk memulihkan ksesehatan pasca melahirkan, diantaranya membuat badan Anda lebih segar dan bugar, mengurangi pegal-pegal, memuligkan stamina dan sebagai obat diet alami yang aman.

Diketahui juga, beras kencur membantu untuk memperlancar ASI, jenis jamu ini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran atau Anda bisa membuat jamu ini sendiri di rumah.

3. Jamu Kayu Manis dan Jahe

Jamu yang baik setelah melahirkan lainnya adalah berasal dari dua bahan yang sudah ada sejak dahulu, menjadi rempah-rempah kesekaan masyarakat Indonesia, yaitu kayu manis dan tambahan jahe.

Kayu manis dan jahe termasuk rempah-rempah yang aman untuk dikonsumsi ibu setelah melahirkan dengan dosis yang dianjurkan. Jahe membantu mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan oksigen dan aliran darah ke rahim untuk sehingga mempercepat proses pemulihan.

4. Jahe Temukunci dan Daun Sirih

Jamu temukunci dan daun sirih juga bisa membantu pemulihan pasca melahirkan. Untuk para ibu muda yang ingin memiliki kembali bentu badan ideal setelah melahirkan, disarankan untuk mengonsumsi jamu jenis ini.

5. Jamu Daun Sirih dan Daun Kelor

Daun sirih bisa digunakan sebagai bahan jamu setelah melahirkan. Kandungan ini memberikan efek anti septik yang bisa digunakan untuk membersihkan rahim.

Daun sirih dikonsumsi dengan cara direbus daunnya terlebih dahulu, kemudian diminum. Jika ibu mengalami peradagan, ada baiknya jamu tersebut ditambahkan dengan daun kelor. Tanaman bermanfaat ini bisa mengurangi peradangan rahim setelah melahirkan karena mengandung antioksidan.

6. Jamu Temulawak

Temulawak mengandung kurkumin yang bisa mencegah terjadinya anemia dan hipertensi. Untuk ibu yang baru melahirkan, jamu ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Temulawak terbukti bisa mengurangi perut kembung, dan rasa nyeri setelah melahirkan. Herbal ini juga bisa meningkatkan produksi ASI.

7. Jamu Motherwort

Ramuan Motherwort bisa digunakan untuk memulihkan kondisi ibu setelah melahirkan. Tanaman ini bisa membantu rahim berkontraksi setelah melahirkan, dan bisa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati gejala menopause dan menstruasi.

Demikianlah 7 jamu yang bisa digunakan ibu setelah melahirkan. Semoga ulasan ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

0 Comments