Jenis Jamu Gendong dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 


Jamu ini telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Minuman tradisional ini dipercaya dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bahkan, jamu dari Indonesia telah diusulakan sebagai warisan budaya UNESCO.

Pengajuan nominasi Budaya Sehat Jamu yang telah dilakukan sesuai dengan standard dan kaidah yang ditetapkan oleh UNESCO.

Pengajuan nominasi Budaya Sehat jamu ini dilakukan sesuai dengan standard dan kaidah yang telah ditetapkan UNESCO. Kekhhasannya dan telah diturunkan sejak zaman nenek moyang, jamu menjadi warisan budaya yang akan dilestarikan.

Berikut adalah 8 jenis jamu gendong yang paling terkenal.

1. Kunyit Asem

Bahan utama pembuatan jamu terdiri dari kunyit dan asam jawa. Kegunaan empiris ini kunyit asam jawa ini bisa menyegarkan tubuh. Selain itu, jamu gendong juga baik untuk para penderita nyeri haid.

2. Beras Kencur

Beras kencur dipercaya bisa mencegah dan meredakan kekuan otot, serta membantu untuk meredakan batuk. Untuk bahan utamanya terdiri dari padi, kencur dan jahe.

3. Cabe Puyang

Jenis jamu gendong selanjutkan dapat meredakan nyeri otot dan persendrian, menyembuhkan mati rasa, serta meringankan pilek dan demam. Cabe puyang terbuat dari cabai jawa, cengkeh, kunyit jawa dan temu hitam.

4. Pahitan

Pahitan bermanfaat sebagai jamu penambah nafsu makan, meringankan segala masalah pencernaan, menghilangkan rasa gatal dan juga mencegah bau badan.

Bahan utamanya meliputi daun sambiloto, brotowali, lengkuas, pulai, meniran hijau, cengkeh, temulawak dan juga temu hitam.

5. Kunci Suruh

Kunci Suruh bermanfaat untuk menghangatkan badan, mengurangi keputihan dan juga mengecilkan perut. Adapun bahan utamanya terdiri dari temu kunci, daun sirih, jahe, kunyit, lada dan delima.

6. Kudu Laos

Kudu laos bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur siklus menstruasi. Bahan utamanya terdiri dari mengkudu dan lengkuas.

7. Gepyokan atau uyup-uyup

Manfaat dari jenis jamu Gepyokan atau uyu-uyup adalah untuk meningkatkan produksi ASI dan mengurangi bau badan. Gepyokan berbahan utama jamur endofit (p. indica), kunyit, kencur dan juga temulawak.

8. Sinonim

Sinonim adalah jenis bahan pembuatan jamu yang bisa meningkatkan fungsi pencernaan dan meredakan sakit mulut. Adapaun bahan utama pembuatannya terdiri dari daun asam jawa, kayu manis, kunyit dan kapulaga.

Demikianlah jenis jamu gendong lengkap dengan manfaatnya untuk kesehatan. Jenis jamu apakah yang biasa Anda gunakan?  Dan apa manfaatnya yang Anda rasakan.

0 Comments