Langsung ke konten utama

8 Manfaat Teh Chrysanthemum Untuk Kesehatan Tubuh

Teh chrysanthemum, juga dikenal sebagai bunga seruni, merupakan tanaman hias yang menghasilkan bunga indah. Bunga ini sering digunakan sebagai dekorasi pada acara tertentu. Chrysanthemum termasuk dalam keluarga tanaman Asteraceae dalam ilmu botani. Aromanya yang khas dan harum membuatnya digemari sebagai tanaman hias. Banyak industri besar maupun individu menciptakan berbagai inovasi dengan menggunakan bahan dasar chrysanthemum, seperti krim wajah, losion tubuh, lulur, dan sampo untuk perawatan tubuh. Selain itu, chrysanthemum juga dimanfaatkan dalam pangan dan minuman, seperti teh chrysanthemum. Dengan menggabungkan teh dengan bunga chrysanthemum, seperti halnya manfaat teh beras merah, teh chrysanthemum juga memiliki banyak manfaat karena adanya perpaduan zat yang terkandung dalam teh dan bunga chrysanthemum. Kandungan Teh Chrysanthemum Berikut adalah beberapa kandungan zat dalam teh chrysanthemum: Antioksidan Kafein Zat besi Kalsium Asam amino Kalium Magnesium Vitamin A, B, C Perpad

Jamu Penambah Nafsu Makan dengan Bahan Tradisional

 


Sebagian orang yang ingin melakukan penggemukan badan tidaklah mudah. Sebanyak apapun yang ia konsumsi, nutrisi tidak terserap dengan baik.

Memiliki badan yang kurang berisi membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Penyebab utama orang sulit menggemukakan badan karena kurangnya nafsu makan. Jangan khawatir sekarang ada cara mudah untuk meningkatkan nafsu makan, salah satunya dnegan mengonsumsi jamu.

Lantas, jamu apa saja yang cocok untuk menambah nafsu makan? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari mikha tambayong, aktris muda asal Indonesia.

Berikut beragam jenis tanaman obat yang bisa menambah nafsu makan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Daun Pepaya

Jamu penambah nafsu makan dengan bahan tradisional yang pertama berasal dari duan pepaya. Tak sedikit orang yang enggan mengonsumsi daun pepaya karena rasanya yang pahit. Tapi dibalik itu, tanaman ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Cara mengelolah daun pepaya untuk bisa menjadi jamu penambah nafsu makan adalah dengan mengambil beberapa lembar daun pepaya secukupnya, kemudian tumbuk kasar lalu saring, dan ambil airnya. Minum air daun pepaya secara rutin untuk membuat nafsu makan kembali normal.

2. Brotowali

Selain dengan daun pepaya, brotowali dikenal sebagai tanaman yang memiliki rasa sangat pahit untuk dikonsumsi. Meskipun demikian, tanaman brotowali ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk memperbaiki nafsu makan yang menurun.

3. Daun Pandan


Daun pandan juga sering dipakai sebagai penambah aroma dan memberikan cita rasa pada makanan. Daun pandan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa membuat daun pandan seperti teh, minum dua kali sehari secara teratur.

4. Lengkuas

Lengkuas biasanya digunakan sebagi salah satu bumbu untuk masakan. Ternyata, lengkuas berkhasiat untuk menambah nafsu makan. Lengkuas berfungsi menenangkan sistem pencernaan, sehingga kamu akan merasa tenang dan lahap ketika makan.

Tak hanya bisa menambah nafsu makan, lengkuas juga bisa membunuh bakteri berbahaya , termasuk bakteri E-colu, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi yang rentang menginfeksi tubuh.

5. Pegagan

Tanaman pegagan yang berwana hijau mengandung saponin, alkaloida, falvonoid, dan polufenol. Tanaman herbal ini kerap dipakai untuk meningkatkan imun tubuh, meredakan gejala flu, obat sariawan, penurun demam, mengatasi batuk kering dan meningkatkan nafsu makan.

6. Kayu Manis

Jamu penambah nafsu makan dengan bahan tradisional berikutnya adalah kayu manis yang bisa dijadikan penyedap untuk member aroma harum dan manis khas rempah. Tak hanya dimanfaatkan sebagai penyedap, kayu manis juga sering digunakan untuk pembuatan kue dan camilan.

7. Kencur


Kencur banyak digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Ramuan ini aman dikonsumsi semua orang, seperti untuk anak-anak. Anda bisa membuat ramuan atau jamu ini dengan memanfaatkan kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur secara rutin maka bisa menambah meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh Anda.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa membantu untuk menaikkan nafsu makan secara alami. Apabila nafsu makan Anda belum normal juga, coba konsultasikan ke dokter ahlinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jamu Tradisional Khas Jawa Tengah yang Kaya akan Manfaat

  Jamu merupakan minuman warisan budaya di Indonesia. Minuman ini berisi ramuan bahan tumbuhan obat yang sudah digunakan secara turun temurun dan terbukti aman untuk kesehatana.’ Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti Jampi atau usodo, yang artinya penyembuhan mengggunakan ramuan, doa atau ajian. Pemanfaatan jamu sebagai obat tradisional telah dimanfaatkan masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun lalu. Berdasarkan sejarahnya, jamu gendong terbuat dari akar, daun maupun umbi-umbian yang pertama kali digunakan sebagai tradisi kraton Jawa. Setelah itu, masyarakat diajarkan untuk memasarkan minuman ini. Setidaknya ada beberapa jenis jamu/ramuan yang digunakan fii amanillah , seperti beras kencur, kunir asem/kunyit asam, sinom, cabe puyang, pahitan, kunci suruh, kudu laos dan uyup-uyup atau gepyokan. Terdapat 5 jamu dari Jawa Tengah yang tercatat sebagai WBTb, antara lain: Jamu cabe puyang Jamu cabe puyang terbuat dari bahan temulawak, cabe puyang atau cabe jawa, temu i

5 Manfaat Minuman Herbal Lempuyang untuk Kesehatan Tubuh

Lempuyang, juga dikenal sebagai Zingiber zerumbet, merupakan tanaman herbal yang sering ditemukan di wilayah tropis, terutama di Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki beragam nama, termasuk jahe merah, lempuyang gajah, dan lempuyang wuluh. Sebagai anggota keluarga jahe, Lempuyang memiliki akar yang kaya aroma yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Penggunaan Lempuyang dalam pengobatan tradisional telah berlangsung selama ratusan tahun. Di berbagai budaya di Asia, akar Lempuyang dianggap sebagai obat yang sangat efektif untuk berbagai masalah kesehatan.  Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat Minum herbal lempuyang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena berbagai manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan tanaman ini. Yuk simak ulasannya secara lengkap di bawah ini. 1. Mengatasi masalah pencernaan Lempuyang dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung, mual, dan perut kembung. Komponen aktif dalam lempuyang dapat membantu meredakan pera

5 Manfaat Jamu Galian Singset untuk Kesehatan Tubuh

Jamu merupakan salah satu warisan tradisional Indonesia yang terkenal karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Jamu ini dibuat dari rempah-rempah dan bahan alami khas Indonesia, dan ada banyak jenis jamu yang berbeda di Indonesia, salah satunya adalah jamu galian singset.  Jamu galian singset terkenal karena klaimnya dapat membantu menjaga tubuh tetap langsing dan singset. Beberapa bahan utama yang digunakan dalam jamu ini meliputi jahe, kencur, dan temu kunci. Dalam artikel ini penulis akan mengulas tentang  beberapa manfaat jamu galian singset untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Yuk simak ulasannya secara lengkap di bawah ini. 1. Mengatasi Jerawat Jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, mulai dari remaja hingga dewasa. Munculnya jerawat dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Jamu galian singset, yang terbuat dari bahan-bahan herbal, diklaim dapat membantu mengatasi jerawat. Anda dapat mengonsumsi jamu ini dua kali seh