Jamu Penambah Nafsu Makan dengan Bahan Tradisional

 


Sebagian orang yang ingin melakukan penggemukan badan tidaklah mudah. Sebanyak apapun yang ia konsumsi, nutrisi tidak terserap dengan baik.

Memiliki badan yang kurang berisi membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Penyebab utama orang sulit menggemukakan badan karena kurangnya nafsu makan. Jangan khawatir sekarang ada cara mudah untuk meningkatkan nafsu makan, salah satunya dnegan mengonsumsi jamu.

Lantas, jamu apa saja yang cocok untuk menambah nafsu makan? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari mikha tambayong, aktris muda asal Indonesia.

Berikut beragam jenis tanaman obat yang bisa menambah nafsu makan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Daun Pepaya

Jamu penambah nafsu makan dengan bahan tradisional yang pertama berasal dari duan pepaya. Tak sedikit orang yang enggan mengonsumsi daun pepaya karena rasanya yang pahit. Tapi dibalik itu, tanaman ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Cara mengelolah daun pepaya untuk bisa menjadi jamu penambah nafsu makan adalah dengan mengambil beberapa lembar daun pepaya secukupnya, kemudian tumbuk kasar lalu saring, dan ambil airnya. Minum air daun pepaya secara rutin untuk membuat nafsu makan kembali normal.

2. Brotowali

Selain dengan daun pepaya, brotowali dikenal sebagai tanaman yang memiliki rasa sangat pahit untuk dikonsumsi. Meskipun demikian, tanaman brotowali ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk memperbaiki nafsu makan yang menurun.

3. Daun Pandan


Daun pandan juga sering dipakai sebagai penambah aroma dan memberikan cita rasa pada makanan. Daun pandan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa membuat daun pandan seperti teh, minum dua kali sehari secara teratur.

4. Lengkuas

Lengkuas biasanya digunakan sebagi salah satu bumbu untuk masakan. Ternyata, lengkuas berkhasiat untuk menambah nafsu makan. Lengkuas berfungsi menenangkan sistem pencernaan, sehingga kamu akan merasa tenang dan lahap ketika makan.

Tak hanya bisa menambah nafsu makan, lengkuas juga bisa membunuh bakteri berbahaya , termasuk bakteri E-colu, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi yang rentang menginfeksi tubuh.

5. Pegagan

Tanaman pegagan yang berwana hijau mengandung saponin, alkaloida, falvonoid, dan polufenol. Tanaman herbal ini kerap dipakai untuk meningkatkan imun tubuh, meredakan gejala flu, obat sariawan, penurun demam, mengatasi batuk kering dan meningkatkan nafsu makan.

6. Kayu Manis

Jamu penambah nafsu makan dengan bahan tradisional berikutnya adalah kayu manis yang bisa dijadikan penyedap untuk member aroma harum dan manis khas rempah. Tak hanya dimanfaatkan sebagai penyedap, kayu manis juga sering digunakan untuk pembuatan kue dan camilan.

7. Kencur


Kencur banyak digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Ramuan ini aman dikonsumsi semua orang, seperti untuk anak-anak. Anda bisa membuat ramuan atau jamu ini dengan memanfaatkan kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur secara rutin maka bisa menambah meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh Anda.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa membantu untuk menaikkan nafsu makan secara alami. Apabila nafsu makan Anda belum normal juga, coba konsultasikan ke dokter ahlinya.

0 Comments