Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jahe

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jahe

Kita semua sudah mengetahui bahwa kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat, mulai dari untuk keperluan obat, penglengkap bumbu masakan, pereda suara serak yang kamu alami ketika lelah bernyanyi menyanyikan lagu chord dinda jangan marah marah, hingga membuat jamu.

Yup, kunyit memang dikenal sabagai salah satu bahan baku dalam pembuatan jamu. Jamu sendiri dapat dibuat dengan berbagai varian sehingga rasanya menjadi lebih enak, jamu kunyit asam jahe misalnya.

Jamu kunyit asam jahe menjadi salah satu varian jahe yang banyak diminati oleh masyarakat.

Sama seperti namanya, jahe yang satu ini terbuat dari bahan utama seperti kunyit, asam, dan juga jahe.

Selain dikenal sebagai bahan pelengkap bumbu masakan di dapur, ternyata kunyit juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar membuat jamu karna khasiat nya yang banyak untuk kesehatan tubuh kalian.

Dilangsir dari Healthline, manfaat kunyit dalam hal kesehatan, termasuk kecantikan, kemungkinan karena kunyit mengandung komponen bioaktif kurkumin yang baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu terdapat kandungan kurkumin dalam kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Sampai saat ini sejumlah penelitian modern masih terus mempelajari dampak positif kunyit. 

Sedangkan asam jawa dipercaya memiliki kalori dan mineral penting seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, besi, natrium, dan seng. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, dan vitamin K. Senyawa organik juga terdapat dalam asam jawa yang membuatnya menjadi antioksidan kuat dan agen antiinflamasi.

Lihat Juga: Resep Jamu Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Sementara manfaat mengkonsumsi jahe dapat menghangatkan tubuh kalian dan juga menunjang kesehatan. Hal ini tentunya berkat kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh.

Itulah mengapa jamu kunyit asam jahe ini memiliki banyak khasiat, karena bahan dasar nya merupakan tanaman herbal yang dipercaya bagus untuk menjaga kesehatan

Namun, ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jamu kunyit jahe asam, mulai dari jenis bahan yang dipilih, pemilihan kualitas bahan yang masih dalam keadaan fresh, hingga cara mengolah dan menyajikannya. 

Nah, penasaran bagaimana cara membuat jamu kunyit asam jahe? Yuk simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jahe

Bahan-bahan:

100 gr kunyit segar(klo bs yg tua)

25 gr jahe

5 gr asam jawa (matang)

150 gr gula aren

2 lbr daun pandan

1500 ml air

Cara membuat :

1. Untuk langkah yang pertama, kalian harus mencuci terlebih dahulu kunyit dan jahenya sendiri. Cara mencuci nya agar lebih bersih adalah dengan menyikat kunyit langsung dibawah air mengalir saja tanpa dikupas. 

2. Setelah dicuci dengan bersih, kupas jahe  beserta kunyit dan potong dengan ukuran yang kecil.

3. Siapkan gula aren dan air.

4. Blender kunyit dan jahe dengan sebagian air hingga halus.

5. Siapkan panci, tuang kunyit jahe blender. Beri sisa air, kemudia masukkan asam jawa dan gula aren. Setelah itu jangan lupa untuk memasukkan daun pandan. Masak sambil diaduk hingga gula dan asam jawanya sudah larut mendidih, kemudian dinginkan untuk sesaat.

6. Ketika dirasa sudah lebih dingin, saring ramuan tersebut dan masukkan kedalam botol. Jamu kunyit asam jahe sudah siap untuk di nikmati. Cocok dihidangkan panas atau dingin.

Nah itu dia cara membuat jamu kunyit asam jahe, sangat mudah bukan? Selain pembuatan nya yang gampang, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah di dapat dan yang paling penting dapat diperoleh dengan harga yang murah.

Nah itu dia sobat mengenai pembahasan kita kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

0 Comments