Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

 

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

Halo teman-teman...Taukah kamu ? saat ini trend kecantikan sudah banyak menggunakan bahan alami sebagai salah satu bahan pembuat produk kecantikan.

Banyak bahan alami yang dapat diolah menjadi produk kecantikan, mulai dari beras, buah-buahan, hingga kunyit pun dapat diolah menjadi salah satu bahan pembuat produk kecantikan.

Saat ini banyak produsen produk kecantikan yang meluncurkan produk-produk baru dengan berbahan dasar kunyit.

Selain dikenal sebagai bahan pelengkap bumbu masakan di dapur, ternyata kunyit juga ada manfaat nya untuk kecantikan wajah, mulai dari membantu kulit tampak lebih berkilau, menyamarkan bekas luka, melawan kerusakan kulit dan tanda penuaan karena sinar matahari, dan lainnya.

Dilangsir dari Healthline, manfaat kunyit dalam hal kesehatan, termasuk kecantikan, kemungkinan karena kunyit mengandung komponen bioaktif kurkumin yang baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu terdapat kandungan kurkumin dalam kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Sampai saat ini sejumlah penelitian modern masih terus mempelajari dampak positif kunyit. 

Namun masyarakat luas percaya bahwa kunyit ini memang dipercaya sejak dulu memiliki manfaat untuk kecantikan.

Pengolahan kunyit dalam kencantikan cukup beragam, ada yang menjadikannya sebagai masker kunyit dan ada juga yang mengolah nya menjadi ramuan jamu.

Ramuan jamu memiliki banyak variasi, namun jenis jamu yang sering digunakan untuk jamu kencantikan adalah jamu kunyit asam.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat jamu kunyit asam untuk kecantikan. Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord semata karenamu ketika menyimak ulasan ini. Yuk langsung simak.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

1. Membantu kulit tampak berkilau alami 

Salah satu manfaat jamu kunyit asam yang banyak dikenal yaitu dapat membantu membuat kulit menjadi tampak berkilau alami.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung komponen antioksidan dan anti-inflamasi.  Kandungan ini mungkin dapat membantu membuat kulit tampak sehat dan berkilau. 

Kunyit juga diyakini dapat kembali menyegarkan kulit dengan mengeluarkan cahaya alaminya. 

2. Membantu mengobati luka 

Dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam juga dapat membantu mengobati luka dengan menurunkan peradangan dan oksidasi.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

Kandungan kurkumin di dalam kunyit dipercaya dapat membantu mengobati luka dengan menurunkan peradangan dan oksidasi.

Selain itu kunyit juga dapat menurunkan resspons tubuh terhadap luka, sehingga luka akan lebih cepat sembuh. 

Berdasarkan hasil sebuah studi, ditemukan bahwa manfaat kunyit untuk kecantikan lainnya yaitu untuk mempengaruhi jaringan dan kolagen agar dapat lebih positif.

3. Membantu menyamarkan luka bekas jerawat 

Menurut Greatist, pada umumnya jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes, yang mana penyakit ini biasanya diobati dengan antibiotik.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

Akan tetapi berdasarkan hasil temuan studi pada tahun 2013, kurkumin yang dikombinasikan dengan asam laurat dapat menjadi cara efektif untuk memerangi bakteri penyebab jerawat. 

Itulah alasan mengapa mengkonsumsi jamu kunyit asam dapat membantu proses penyamaran luka bekas jerawat.

4. Membantu meredakan psoriasis 

Psoriasis merupakan salah satu bentuk peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

Ternyata kualitas antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit mampu membantu meredakan psoriasis dengan mengendalikan flare dna gejala lainnya. 

Kita dapat mengkonsumsi jamu kunyit asam untuk mengobati penyakit yang satu ini. Namun, sebelum mencobanya ada baik nya jika melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ya. 

5. Membantu memperlambat pertumbuhan bulu 

Menurut sebuat studi yang di selenggarakan pada tahun 2017 lalu, ditemukan bahwa manfaat lain lainnya dari kunyit adalah dapat membantu memperlambat pertumbuhan bulu atau rambut yang tidak diinginkan. 

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

Ditemukan  bahwa  minyak temulawak, yang juga dari keluarga kunyit, dioleskan ke ketiak 60 orang wanita selama 10 minggu studi. 

Dari hasil studi diperoleh bahwa mengoleskannya dapat memperlambat pertumbuhan rambut di area yang diuji. 

6. Membantu melawan kerusakan kulit dan tanda penuaan

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

Dengan mengkonsumsi ramuan jamu kunyit asam secara rutin ternyata dapat menghindari kerusakan kulit serta melawan tanda penuan dini.

Kandungan dalam kunyit dapat mengembalikan kulit menjadi lebih sehat dan segar. 

Menurut hasil studi pada tahun 2018, komponen antioksidan dalam kunyit dapat secara signifikan memperbaiki kerusakan pada kulit tikus akibat paparan sinar matahari. 

Pengurangan paparan sinal matahari merupakan indikasi awal tentang potensi memperlambat efek penuaan pada kulit wjah. 

Antioksidan juga dikenal dapat mencegah radikal bebas seperti polusi dan sinar UV memengaruhi elastisitas kulit. 

Elastisitas kulit  merupakan hal yang sangat kita butuhkan untuk membuat kulit terasa lembut dan kenyal. 

Untuk itu dengan rutin mengkonsumsi jenis jamu kunyit asam akan dapat membuat kulit tetap halus serta dapat mengurangi kerutan yang ada di wajah.

Nah, itu dia teman-teman beberapa manfaat mengkonsumsi jamu kunyit asam untuk kecantikan, sangat banyak bukan? Kunyit memang sejak dulu dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dipecaya dapat menjaga kecantikan kulit.

Oke, semoga penjelasan kita kali ini dapat menambah referensi kalian ya mengenai cara menjaga kencantikan secara alami. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat.

0 Comments