Mengenal Jamu Cabe Puyang dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh

 


Teman-teman pernah mendengar cabe puyang ? Ini bukan merupakan jenis cabai yang ada di Indonesia, melainkan salah satu ramuan tradisional yang lebih terpatnya adalah salah satu jenis jamu. Jamu Cabe Puyang ini merupakan jamu tradisional yang dibuat dari campuran dua bahan utama yaitu cabe dan lempuyang, sehingga diberi julukan dengan nama Cabe Puyang. Nah, dalam proses pembuatannya jenis cabe yang digunakan juga bukan jenis yang sembarangan. Hanya cabe Jawa yang bisa digunakan untuk membuat jamu cabe puyang. Tidak diketahui secara pasti, namun keberadaan jamu cabe puyang sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan di Jawa yang sedang sedang berkembang.

Menurut jurnal Status Fitofarmaka dan Perkembangan Agroteknologi Cabe Jawa (Piper Retrofractum Vahl.), cabe Jawa tidak seperti cabe pada umumnya yang memiliki rasa pedas menggigit. Meski tidak terlalu pedas, tapi ketika dikonsumsi, cabe ini memiliki efek menghangatkan tubuh. Jadi setelah mengonsumsinya, tubuh kita akan terasa lebih hangat.

Ini dikarenakan dalam cabe Jawa terdapat kandungan senyawa piperin sehingga mampu memberikan efek hangat pada tubuh. Selain rasanya yang tidak terlalu pedas, cabe Jawa ini justru memiliki sedikit rasa manis. Walaupun cabe Jawa tidak terlalu pedas, tapi aromanya ini sangat tajam dan aromatis sehingga kita bisa membedakannya dari jenis cabe lainnya.

Manfaat Jamu Cabe Puyang Bagi Tubuh

Sebagai jamu tradisional, jamu cabe puyang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat cabe puyang bagi kesehatan tubuh :

1. Menurunkan Demam


Sangat sulit dipercaya, ternyata Jamu Cabe Puyang memiliki manfaat dalam menurunkan demam. Apabila teman-teman sedang mengalami demam atau lemas dan kurang enak badan, jangan ragu-ragu kalian bisa langsung mengkonsumsinya.

Jamu ini memiliki sifat anti piretik yang berfungsi untuk menurunkan demam atau suhu panas dalam tubuh. Tidak hanya itu, jamu ini juga dapat mengurangi rasa sakit kepala yang diakibatkan dari efek flu dan demam.

2. Melancarkan Peredaran Darah


Peredaran darah yang kurang lancar bisa menyebabkan beberapa penyakit serius, seperti kolesterol sampai stroke. Namun tidak diduga, jamu ini memiliki khasiat untuk melancarkan peredaan darah.  Jika teman teman rajin mengkonsumsinya, maka peredaran dalam darah kalian akan terasa lebih lancar dan dapat terhindar dari penyakit seperti yang dijelaskan tadi.

3. Meredakan Pegal Linu

Manfaat berikutnya dari jamu ini adalah dapat meredakan pegal linu. Mungkin teman teman yang sering beraktivitas berat atau memiliki pekerjaan yang beresiko menghasilkan pegal, sangat disarankan untuk mengkonsumsi jamu ini. Dengan meminum jamu ini, maka pegal-pegal pada tubuh dapat hilang sehingga teman-teman bisa kembali segar dan bugar dan terhindar dari beberapa penyakit. Disarankan untuk meminum jamu ini di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

4. Menambah Nafsu Makan

Cabe puyang pada dasarnya memang mampu membantu kinerja sistem pencernaan lebih baik sehingga ketika kita mengonsumsinya maka makanan yang masuk dalam tubuh bisa diolah dan diserap vitaminnya dengan baik oleh tubuh, sehingga engan mengkonsumsi jamu ini, nafsu makan teman teman juga akan bertambah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

Jenis jamu ini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh sehingga tetap halus, bebas dari keriput, serta mencegah penuaan diri. Dalam jamu ini terdapat kandungan yang mampu melawan radikal bebas. Sehingga banyak dari wanita-wanita yang sudah berumur gemar mengkonsumsi jamu ini.

6. Meredakan Nyeri Gigi


Nyeri gigi akibat gigi berlubang atau gusi bengkak bisa teratasi dengan cabe puyang karena jamu ini memiliki kandungan sifat anti nyeri dan anti radang. Jadi buat teman-teman yang sedang sakit gigi, dianjurkan untuk mengkonsumsi jamu ini.

7. Meningkatkan Stamina dan Vitalitas

Manfaat lainnya dari jamu ini adalah bisa meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh pria dan wanita. Hal ini dikarenakan jamu cabe puyang memiliki kandungan yang mampu meningkatkan stamina tubuh.

 

 

0 Comments