Mengenal Jamu Parem, Minuman Tradisional Khas Jogja

 

Jogja dikenal sebagai salah kota wisata di Indonesia, apalagi saat berbicara tentang kulinernya. Ragam makanan khas Jogja banyak diburu oleh para wisatawan seperti Tasya Rosmala, termasuk jenis jamu yang kaya akan manfaat kesehatan.

Salah satu jamu tradisional khas Jogja adalah parem. Minuman yang satu ini tampak sekilas seperti bubur cair, biasanya dijadikan sebagai obat. Minuman yang terbuat dari campuran rempah-rempah ini dipercata dapat menjaga daya tahan tubuh.

Dewasa ini, minuman parem mulai sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional. Jika Anda ingin tahu seputar jamu parem, dalam kesempatan kali ini kami akan memperkenalkannya untuk Anda.

Bahan-bahan Pembuatan Jamu Parem

Dahulu minuman jamu parem mudah sekali ditemukan di Jogja, namun seiring berjalanya waktu, minuman ini mulai kehilangan selera bagi mereka yang melaksanakan niat puasa ayyamul bidh. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu parem sendiri di rumah:

  • Jahe
  • Kunyit
  • Cengkih
  • Merica
  • Ketumbar
  • Jinten
  • Gula merah
  • Gula batu

Cara Pembuatan Jamu Parem

1. Merebus air dan dicampurkan dengan gula batu imba slot dan gula jawa

2. Semua bahan ditumbuk secara halus seperti makanan khas negara Kazakhstan

3. Masukkan bahan yang telah dihaluskan ke dalam air yang telah direbus hingga mendidih

4. Setelah mendidih, tepung jawa dimasukkan dalam campuran itu.

5. Parum kemudian dimasak hingga aroma rempah tercium dan teksturnya mulai mengental menjadi bubur.

6. Parem siap dinikmati

Meski bahan-bahan yang digunakan sedikit nyentrik, kembang parem memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Diketahui kembang parem dipercaya sebagai pereda nyeri haid atau datang bulan, mengurangi bau badan, hingga menghilangkan rasa lelah berlebihan.

Rasa dari parem tidak jauh dari rasa jamu pada umumnya, yakni seperti rasa kunyit asam namun lebih segar karena terdapat kandungan dari bunga.

Jika berkesempatan mengunjungi Jawa Timur atau jogja, jangan lewatkan untuk mencoba minuman tradisional ini ya atau Anda bisa langsung membuatnya di rumah menggunakan bahan dan cara yang telah dijelaskan di atas.

0 Comments