Khasiat Jamu Temulawak Sebagai Obat Antioksidan

Jamu yang terbuat dari akar atau rimpang temulawak ini sangat berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Pengobatan herbal memang saat ini menjadi perhatian banyak orang karena sudah terbukti lebih aman, sehat dan ampuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Menurut buku Jamu 38 Racikan Jamu Nikmat Sehat Warisan Nenek Moyang khasiat jamu temulawak adalah menyehatkan dan menyegarkan badan, memperlancar peredaran darah, mengobati panas dalam dan mencegah timbulnya jerawat, sangat baik untuk penyakit kuning, lever, menambah nafsu makan anak-anak.

Diketahui bahwa temulawak merupakan  salah satu tumbuhan obat keluarga Zingiberaceae yang banyak tumbuh dan digunakan sebagai bahan baku obat tradisional. Secara empiris temulawak diketauhi memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai antioksidan.

Komponen aktif sebagai antioksidan pada temulawak adalah kurkumin. Kurkumin pada rimpang temulawak bersifat antibakteri, hepatoprotektor (pencegahan dan pengobatan hepatitis), antikanker, dan memperbaiki nafsu makan.

Pembuatan Jamu Temulawak sebagai Antioksidan

Untuk proses pembuatan jamu herbal temulawak cukup mudah yang pertama adalah melakukan sortasi basah atau pemilahan rimpang temulawak lalu dikupas kemudian dilakukan proses pencucian sampai bersih.

Selanjutnya pengubahan bentuk rimpang dengan cara dirajang tipis. Setelah itu dilakukan proses pengeringan dibawah terik matahari. Setelah kering masukkan dalam wadah.

Setelah melalui beberapa proses, temulawak tersebut dapat dihidangkan sebagai minuman herbal dengan cara diseduh.

Untuk cara penyeduhannya pertama rebus air sebanyak 450ml, setelah mendidih masukkan temulawak kering lalu diamkan sampai warna air berubah menjadi kekuningan. Seduhan temulawak ini dapat dikonsumsi sesuai dengan selera masing masing orang bisa ditambahkan gula atau madu agar lebih nikmat.

Khasiat jamu temulawak adalah menyehatkan dan menyegarkan badan, memperlancar peredaran darah, mengobati panas dalam dan mencegah timbulnya jerawat, sangat baik untuk penyakit kuning, lever, menambah nafsu makan anak-anak.

Berikut ini adalah manfaat jamu temulawak untuk kesehatan yang penting untuk anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Hati

Di dalam temulawak terdapat kandungan zat yang bernama katatoga. Zat ini sangat baik untuk kesehatan hati dan membantu memperbaiki sel hati yang rusak.

Fungsi hati harus tetap dijaga karena jika tidak maka bisa menjadikan gangguan kesehatan lainnya yang lebih serius lagi.

Fungsi lain dari katatoga ini adalah sebagai bahan untuk memproduksi empedu serta mampu mengosongkan empedu jadi selain organ hati, organ empedu juga akan menjadi lebih sehat.

2. Mengurangi Radang Sendi

Bagi anda yang sedang mengalami permasalahan pada radang sendi juga bisa diredakan dengan menggunakan jamu temulawak ini.

Di dalam temulawak terdapat kandungan kurkumin dimana dapat membantu mengurangi radang sendi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi jamu temulawak secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesehatan anda.

3. Menurunkan Lemak Darah

Darah yang mengandung lemak terlalu tinggi sudah pasti tidak baik dan sama halnya dengan adanya kolesterol dalam darah.  Dalam temulawak terdapat kandungan kurkuminoid dimana mampu menetralkan kadar lemak dalam darah.

Konsumsilah jamu temulawak ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesehatan anda. Kolesterol dalam darah juga bisa berkurang dengan mengonsumsi jamu temulawak ini secara rutin.

4. Mengatasi Penyakit Maag

Bagi anda yang mengalami gangguan pada lambung dan asam lambung atau penyakit maag, ternyata juga bisa disembuhkan dengan menggunakan jamu temulawak.

Meskipun pada umumnya tidak banyak orang yang mengetahui khasiat ini namun manfaatnya untuk mengatasi penyakit maag sudah cukup ampuh dan banyak orang yang sudah membuktikannya. Kamu bisa mengkonsumsi jamu temulawak jika perut terasa nyeri karena maag anda kambuh.

5. Melancarkan Pencernaan

Jika anda saat ini juga sedang mengalami berbagai macam masalah pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit, perut kembung atau bahkan diare juga bisa menggunakan jamu temulawak sebagai obatnya.

Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi jamu temulawak saja secara rutin setiap hari sampai masalah pencernaan anda menghilang

0 Comments