Langsung ke konten utama

Resep Jamu Jahe Jeruk Nipis, Ramuan Ajaib Pereda Demam

  Tahukah kamu ada ramuan ajaib yang terbuat dari hanya dengan dua bahan saja, yaitu jahe dan jeruk nipis? Bahkan cara pembuatannya juga ga sulit loh.  Bahannya mudah ditemukan, bahkan ibu Shenina Cinnamon pasti nyetok bahan ini di kulkas. Tak hanya memberikan manfaat untuk masak, jeruk nipis dan jahe juga bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda loh. Maka dari itu ada baiknya Anda menyimak artikel untuk mengetahui bagaimana cara membuat ramuan dari jeruk nipis dan jahe. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Ramuan Ajaib Jeruk Nipis dan Jahe Siapa sangka bahan yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata bisa dibuat sebagai ramuan jamu tradisional. Bahkan, ramuan tersebut juga bida memberikan banyak manfaat untuk Raja Yordania Abdullah II . Adapun manfaat jamu jahe dan jeruk nipis adalah: 1. Menjadi Penambah Energi Jahe merupakan rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya menghangatkan tubuh dan menjadi penambah energi. Meminum air jahe h

Jamu Kekinian VS Jamu Tempo Dulu

Rempah-Rempah dan herbal memang menjadi salah satu warisan budaya yang dimiliki Indonesia. Selain digunakan untuk memasak, herbal juga bisa menjadi obat alternatif yang ampuh.

Indonesia pun memiliki ramuan herbal yang lebih dikenal sebagai jamu, dan telah diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, atau menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Jamu secara turun-temurun telah terbukti secara empiris membantu memelihara kesehatan dan kebugaran masyarakat Indonesia sejak ribuan tahun silam. Pengobatan dan pemeliharaan kesehatan menggunakan Jamu tetap lestari hingga sekarang.

  1. Bahkan seiring dengan perkembangan zaman, Jamu saat ini telah mengalami transformasi. Berikut empat fakta Jamu Indonesia:
  2. Indonesia merupakan salah satu negara megabiodiversitas, yang memiliki sekira 33 ribu spesies tanaman yang berpotensi menjadi bahan obat tradisional atau Jamu.
  3. Tradisi minum Jamu di Indoensia sudah ada sejak 1.300 masehi untuk menjaga kesehatan juga sebagai terapi pengobatan.
  4. Indonesia memiliki berbagai ramuan Jamu dari berbagai spesies tanaman obat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa ramuan Jamu Indonesia tercatat di beberapa relief candi dan kitab-kitab kuno, seperti Relief Candi Borobudur, Kitab Serat Chentini, Kitab Tibb, dan Buku Jampi.

Jamu zaman sekarang juga telah mengalami beberapa perkembangan yang sangat signifikan. Berikut perbandingan jamu Indonesia tempo dulu dengan masa kini:

Jamu Tempo Dulu

  • Formulasi berbasis empiris (Sudah dipergunakan secara turun-temurun).
  • Dibuat secara manual melalui penggerusan dan perebusan.
  • Rasanya yang pahit dan tidak enak.
  • Dijual secara keliling atau jamu gending dan warung kaki lima.
  • Bentuknya serbuk seduhan atau cairan.
  • Kemasan sederhana dan terkesan kuno.
  • Dikenal sebagai minuman orangtua.

Jamu Masa Kini

  • Formula berbasis empiris dan atau penelitian.
  • Pengolahannya menggunakan teknologi.
  • Memiliki berbagai varian rasa.
  • Dapat diperoleh secara online bahkan saat ini sudah ada kafe jamu.
  • Bentuknya kapsul, tablet, pil, bahkan permen.
  • Dikemas dengan menarik dan kekinian.
  • Dikonsumsi oleh berbagai generasi.

Budayakan minum Jamu, agar lebih sehat dan bugar ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Resep Jamu untuk Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Jamu adalah obat alternatif yang teruji memiliki khasiat dan terbuat dari bahan herbal alami. Tradisi turun temurun ini masih dipakai karena jamu tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, serta kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu juga sangat tercangkau. Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu, berasal dari dapur masing-masing. Contohnya, jahe, kunyit, asam, dan yang lainnya. Menyebarnya virus Covid 19 serta buruknya kondisi cuaca saat ini, mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Disaat seperti inilah kita membutuhkan vitamin dan obat-obatan penambah imunitas tubuh. Namun, merebaknya virus Covid 19 membuat harga obat dan vitamin penunjang daya tahan tubuh naik. Kamu bisa beralih ke jamu tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan berbahan kimia yang memiliki pengawet. Jamu Daya Tahan Tubuh Kamu dapat menambah imunitas tubuhmu dengan jamu daya tahan tubuh. Jika kamu terserang virus Covid 19 pun bi

Cegah Anemia dengan Jamu Penambah Darah

  Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan berbagai ramuan herbal atau jamu. salah satunya adalah bagi orang yang mengalami penyakit kurang darah atau anemia. Selain bisa mengonsumsi obat penambah darah yang dijual di apotek, kamu juga bisa mengonsumsi jamu. Beberapa gejala yang bagi penderita anemia adalah mengalami pusing, pingsan, warna kulit memucat, rambut rontok, sesak nafas dan sebagainya. Nah, sekarang kamu bisa mengatasi masalah ini dengan rajin mengonsumsi berbagai bahan alami atau jamu. Apa saja? yuk, simak ulasannya di bawah ini. Lihat juga, Anemia Gravis Rauman Alami atau Jamu Penambah Darah 1. Jus Buah Bit Jamu penambah darah yang pertama bisa kamu dapatkan dari minum jus buah bit. Tahukan kamu bahwa jus buah bit ini memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi? Tidak hanya cocok untuk mengatasi masalah darah rendah atau anemia, buah bit juga kaya akan antioksidan sehingga bisa membuat kulit lebih segar dan glowing. Kamu bisa menambahkan madu untuk mengurasi

Rekomendasi Jamu Asam Urat Tradisional

  Saat kaki Anda tiba-tiba terasa nyeri dan mendadak bengkak, kemungkinan itu penyakit asam urat. Ganguan ini terasa pada daerah persendian dan jempol kaki seseorang. Ketika Anda mengalaminya, kemungkinan akan kesulitan untuk berjalan dan mengganggu aktivitas lainnya. Rasa mengganggu ini tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena berikut kami sampaikan ramuan jamu asam urat tradisional yang mudah untuk dibuat dirumah. penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi bermanfaat di bawah ini sampai habis ya. Redakan Sakit Asam Urat dengan Jamu Tradisional Asam urat merupakan gangguan radang sendi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, kadar asam urat ini harusnya tetap terjaga dalam kadar normal untuk menghindari rasa nyeri pada sendi, terutama di kaki. Banyak jenis obat yang bisa menurunkan kadar asam urat di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu, tapi terlalu lama mengonsumsi obat ini akan memiliki