5 Rekomendasi Jamu Untuk Kulit Sehat dan Cerah


Jamu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, dan meminum minuman herbal baik untuk kulit. Tetapi untuk ibu hamil atau menyusui harus berhati-hati karena banyak jamu yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu.

1. Beras Kencur


Selain beras dan rimpang kencur, jamu beras kencur terdiri dari bahan lain seperti jahe, kapulaga, temulawak, dan kedaung. Beras kencur merupakan salah satu rempah yang banyak digemari karena rasanya yang enak dan menyegarkan.

Lalu apa manfaat dari beras kencur untuk kulit? Jamu beras kencur mengandung bahan rempah-rempah seperti vitamin B1, C, E yang berasal dari ekstrak beras, rimpang kencur, dan bahan lainnya. 

Semua kandungan ini bermanfaat untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Karena beras kencur memiliki sifat anti inflamasi untuk menghilangkan jerawat.

2. Kunyit Asam


Jamu ini merupakan campuran dari dua bahan yaitu rimpang kunyit dan asam jawa sebagai bahan utamanya. Jamu ini memiliki rasa yang didominasi rasa asam, tetapi ketika diminum akan merasakan sedikit rasa manis.

Kunyit asam kaya akan antioksidan yang berasal dari kunyit dan mengandung banyak vitamin C yang berasal dari asam jawa Kunyit. Keduanya sangat bermanfaat dalam memutihkan kulit dan melindunginya dari radikal bebas, sehingga lebih sehat dan halus. 

Tak hanya itu, kunyit juga dikatakan sangat baik untuk menghilangkan bau badan dan melancarkan pencernaan, termasuk masalah perut. Pencernaan yang lancar dan bersih berpengaruh positif bagi kesehatan kulit.

3. Sinom


Jamu sinom dan kunyit asam sering disalah artikan sebagai jamu yang sama atau tertukar antara keduanya. Jamu ini dibuat dengan menggabungkan daun asam jawa yang masih muda dengan rempah-rempah lainnya. 

Yang membedakannya dengan kunyit asam adalah Sinom lebih segar rasanya, warnanya lebih terang, dan konsistensinya lebih encer.

Kandungan seperti antioksidan dan detoks alami terdapat dalam sinom yang dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya dan cantik.

4. Jamu Pahitan


Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan rasa dari jamu ini. Meski rasanya tidak seenak jamu lainnya, jamu pahitan juga memiliki khasiat yang sangat baik dalam hal menjaga kecantikan kulit.

Jamu yang bahan utamanya bernama sanbitloto ini mampu membersihkan racun dan darah kotor, sehingga membuat kulit lebih glowing. Meski memiliki warna hitam yang khas, namun jamu ini bisa mencerahkan kulit.

5. Wedang Jahe


Jahe cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, terutama saat cuaca sedang dingin.

Jamu yang satu ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar minyak dalam tubuh, termasuk kulit. Tidak heran jahe membuat kulit halus dan lebih lembab. Jahe juga bisa digunakan sebagai masker atau lulur.


0 Comments