Rekomendasi Jamu Pelancar Haid Paling Ampuh

 


Siklus haid Anda tidak lancar? Jangan khawatir ya, sekarang banyak minuman yang bisa membuat menstruasi Anda lancar, salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi jamu.

Dilansir dari situs Womenhealth, siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari berikutnya. Siklus menstruasi ini rata-rata adalah 28 hari (wanita normal). Diyakini ada beberapa tanaman obat yang efektif untuk mengobati nyeri haid.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa mengetahui profil dari dikta, vokalis muda asal Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit atau kondisi medis, termasuk untuk melancarkan haid. Menurut laporan Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences, dosis dari ektrak jahe yang baik untuk melancarkan haid sekitar 2.5-3 ml.

Air rebusan jahe ini maupun ekstraknya, dapat dicampurkan ke dalam air atau teh, selain itu Anda bisa menambahkan madu dan lemon supaya rasanya menjadi lebih nikmat. Tak hanya bisa memperlancar haid, jahe juga mampu mengurangi rasa nyeri ketika datang bulan.

2. Kayu Manis

Tanaman herbal berikutnya yang mampu melancarkan haid adalah kayu manis. Tanaman kayu manis bisa membantu mengatur kadar insulin di dalam tubuh, dimana kadarnya tidak terllau tinggi dan dapat mempengaruhi kerja hormone menstruasi dan membuatnya tidak teratur.

Kayu manis berpotensi melancarkan siklus mentruasi perempuan dengan riwayat polycystic ovary syndrome (PCOS) atau gangguan pada produksi ovarium. Untuk dosisnya sendiri, Anda bisa mengonsumsi 500 mg kayu manis atau sekitar 2-4 ml dan dicampurkan ke dalam teh. Sebaiknya di minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Kunyit

Kunyit merupakan bahan yang paling populer untuk pembuatan jamu dan berbagai obat herbal. Bahan ini diyakini memiliki fungsi yang mirip dengan hormone estrogen. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa mengonsumsi 100-500 mg kunyit selama dua kali sehari dan campurkan dengan teh, madu ataupun susu.

4. Cuka Sari Apel

Salah satu minuman segar yang memiliki cita rasa asam dan mampu untuk melancarkan haid adalah cuka sari apel. Hasil mengonsumsi cuka sari apel dipercaya bisa membantu untuk melancarkan haid.

5. Nanas

Buah berduri yang memiliki rasa asam manis ini bisa juga diolah menjadi bahan untuk melancarkan haid. Hal ini karena buah nanas mengandung enzim dengan sifat anti radang, yaitu bromelain. Selain itu, antioksidan dalam buah ini bermanfaat untuk meredakan peradangan dan menyebabkan kram perut saat haid.

6. Daun Pepaya

Jamu pelancar haid dari daun pepaya terbukti ampuh, karena kandungan vitamin dalam daun ini juga lengkap, mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan kalsium yang baik untuk tubuh. Selain itu, daun pepaya juga mengandung karoten, zat yang bisa mengatur estrogen dalam tubuh.

Cara membuat jamu pelancar hadir dengan daun pepaya adalah memasukkan daun pepaya ke dalam 2 gelas air lalu tambahkan asam jawa dan garam. Kemudian rebus hingga mendidih, setelah air rebusan kurang dari 1 gelas, maka air siap diminum.

Akhir Kata

Nah itu tadi beberapa bahan jamu yang bisa digunakan untuk melancarkan haid. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca sampai habis.

0 Comments