Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesahatan Tubuh

Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesahatan Tubuh

Jamu merupakan salah satu minuman tradisional yang berasal dari Indonesia. Minuman herbal ini memiliki banyak manfaat sehingga kerap dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

Banyak sekali jamu yang beredar di masyarakat, salah satunya adalah jamu beras kencur. Sesuai dengan namanya, minuman tradisional yang satu ini terbuat dari olahan beras dan kencur.

Kencur adalah salah satu tanaman herbal yang dikategorikan sebagai temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. 

Ciri  utama tanaman ini adalah memiliki jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah. 

Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.

Kandungan dari kencur terdiri dari ethyl-p-methoxycinnamate (31.77%), methylcinnamate (23.23%), carvone (11.13%), eucalyptol (9.59%) dan pentadecane (6.41%). 

Manfaat kencur tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak, melainkan dapat juga digunakan sebagai bahan obat tradisional dan pelepas dahaga sehabis membaca ayat seribu dinar.

Kencur dapat digukan untuk pengobatan diare, migrain dan meningkatkan energi, dan mengatasi kelelahan. 

Selain itu kandungan dalam kencur juga dikenal dapat menghilangkan sakit gigi, sakit perut, pembengkakan pada otot dan rematik.

Kemudian beras dikenal dengan kandungan protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air yang sangat berguna untuk tubuh.

Selain dijadikan sebagai makanan pokok di Indonesia, beras ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap dalam pembuatan jamu lho, contoh nya jamu varian beras kencur.

Nah, setelah kita mengetahui manfaat beras kencur dalam minuman tradisional jamu, sekarang kita akan membahas mengenai manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaatnya, yuk langsung simak ya.

Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

1. Untuk Mempertahankan Kadar Gula Dalam Tubuh Agar Tetap Normal

Berdasarkan hasil penelitian yang berasal dari Departemen Farmasi Universitas Tanjungpura ditemukan bahwa beras kencur dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal. 

Salah satu manfaat jamu beras kencur ini tentu menjadi kabar yang sangat membahagiakan bagi para penderita diabetes yang ingin mengembalikan kadar gula dalam tubuh.

2. Untuk Mengatasi Masalah Diare

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, ditemukan bahwa kencur dapat membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah.

Hal tersebut di buktikan dengan dilakukannya percobaan kepada seekor hewan dengan memberikan ekstrak kencur.

Setelah beberapa kali mengkonsumsi nya, ditemukan bahwa kondisi hewan tersebut berangsur membaik, sementara kelompok lain tidak menunjukkan hasil serupa. Kelompok hewan yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung bergejala diare terus-menerus.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa beras kencur dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan penyakit diare.

3. Dapat Mengatasi Batuk Berdahak

Jenis penyakit yang satu ini tentu akan membuat kita sangat tidak nyaman bukan? Khususnya kamu yang suka bernyanyi pasti sangat menganggu aktifitas kamu ketika akan berlatih bernyanyi atau sekedar menyanyikan lagu-lagu seperti lagu chord aku bukan jodohnya. Sekarang kalian tidak perlu risau.

Dengan mengkonsumsi jamu beras kencur ternyata dapat mengatasi penyakit yaang satu ini. Jamu ini sudah dikenal lama dapat mengatasi batuk berdahak, sama seperti jahe.

4. Bantu Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Manfaat jamu beras kencur yang lain nya adalah dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. 

Nah, bagi kalian yang memiliki anak yang sangat susah diberi makan karena nafsu makan yang rendah, kalian dapat menggunakan jamu yang satu ini untuk mengatasinya.

Cara nya kalian cukup membuat ramuan beras kencur ini dapat berikan kepada anak dalam kondisi hangat atau dingin.

5. Bantu penyembuhan luka setelah persalinan

Buat para bunda dalam pasca melahirkan, mengkonsumsi jamu yang satu ini ternyata sangat bermanfaat lho.

Kita semua mengetahui bahwa setalah persalinan dapat menimbulkan luka pada perineum atau jalan lahir.

Luka robekan tersebut sering terjadi terutama pada persalinan pertama kalinya, sehingga tidak menutup kemungkinan akan terulang pada persalinan berikutnya.

Diyakini bahwa, salah satu cara alami yang dapat mempercepat pemulihan luka yang terjadi pasca melahirkan adalah dengan mengkonsumsi jamu beras kencur.

Salah satu cara pemulihan lukanya yakni dengan mengonsumsi jamu beras kencur. 

Jamu ini memiliki kandungan senyawa fenolik yang dapat berdungsi sebagai antioksidan, yang mana nantinya, antioksidan ini akan membantu memperbaiki keadaan sel yang rusak.

aSelain itu mengkonsumsi jamu beras kencur juga dapat memberi manfaat dengan mengurangi pegal pada otot-otot tubuh akibat mengejan pada proses persalinan.

Nah itu dia teman-teman beberapa manfaat yang diperoleh ketika mengkonsumsi jamu beras kencur. Sangat banyak bukan manfaat nya?

Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan kalian mengenai jamu beras kencur ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

0 Comments