Rutin Konsumsi Jahe Merah, ini Manfaatnya

 


Jahe merah merupakan salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan untuk bahan baku pembuatan jamu. Selain bisa diolah menjadi jamu, jahe merah juga bisa digunakan untuk pembuatan bumbu dapur. Untuk kamu yang penasaran jahe merah dapat diolah menjadi apa saja, kamu dapat mencarinya melalui mesin pencari yandex.

Tanaman herbal ini dimanfaatkan mengatasi berbagai penyakit. Apa sih keistimewaan jahe merah untuk tubuh manusia? Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Jahe Merah

1. Menambah Stamina

Manfaat jahe merah pertama adalah untuk menambah stamina (tonikum) dan untuk menghilangkan nyeri otot. Jahe bisa membantu untuk mengurangi tingkat tekanan dan meningkatkan aliran darah. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang memiliki efek untuk meredakan nyeri otot.

2. Menghambat Jamur

Kandungan Limonene dalam jahe merah memiliki manfaat untuk menghambat jamur, seperti jamur candidia alibicans yang menyebabkan terjadinya infeksi jamur pada area kulit.

3. Pereda Rasa Sakit

Manfaat jahe merah untuk meredakan rasa sakit, karena hasil dari kandungan 6-gingerdion dan 6-gingererol di dalamnya. Kandungan ini dapat menekan progtaglandin sehingga bisa meredakan rasa sakit.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jahe merah bisa mengurangi resiko penyakit jantung,karena jahe merah mengandung asal alfa-linolenat yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut jurnal “Nutrion, Metabolism dan Cardiovascular Disease” senyawa ini bekerja dengan membantu menjaga irama dan pemimpaan jantung secara normal.

5. Menjaga Kesuburan

Konsumsi jahe merah dapat membantu untuk menjaga kesuburan karena kandungan dari ariginin di dalamnya. Ariginin ini membantu tubuh untuk memproduksi nitrat oksida yang meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium.

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa Ariginin bisa meningkatkan kesuburan dan kualitas sel telur (ovum) dengan meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh bisa mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pematangan sel telur.

6. Mencegah Bakteri pada Mulut

Jahe merah dapat digunakan sebagai obat kumur agar mulut terhindar dari bakteri. Kandungan minyak atsiri di dalamnya juga bisa membantu tenggorokan dan membuat rongga mulut tetap segar.

7. Menurunkan Berat Badan

Jahe merah bisa membantu untuk menurunkan berat badan, karena kandungan jahe adalah capsaicin. Pada sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa menambahkan capsain ketika diet bisa menekan nafsu makan. Hal ini bisa menyebabkan penurunan asupan kalori dan menurunkan berat badan.

8. Mencegah Diabetes

Manfaat jahe merah lainnya adalah untuk mencegah diabetes karena kandungan 6-gingerol yang berpotensi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Jahe merah berperan untuk menurunkan produksi glukosa dan peningkatan sintesis glikogen.

9. Meredakan Mual

Jahe merah dapat digunakan untuk meredakan mual dan muntah. Untuk ibu hamil, jahe merah bisa menjadi kemoterapi jika mengalami mual. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, wanita hamil yang mengonsumsi satu hingga 1.5 gram jahe merah secara signifikan mengurangi rasa mual.

10. Meningkatkan Imunitas

Dilansir dari publikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesi, Jahe merah memiliki aktivitas sebagai Imunomudular untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Efek tersebut akan bermanfaat dalam pencegahan dan membantu untuk pemulihan bila seseorang terinfeksi virus corona.

Nah itu tadi Manfaat jahe merah untuk tubuh manusia. Mau lebih tau tentang manfaat kesehatan lainnya? Bekali dirimu dengan rutin membaca postingan kami seputar jamu dan obat alami lainnya.

0 Comments