Selamat Datang di Blog Toko Jamu


Indonesia tidak hanya terkenal dengan budaya dan adat istiadatnya saja, melainkan juga terkenal dengan hasil bumi yang berlimpah. Di Negara ini banyak ditemukan tanaman herbal yang dari zaman ke zaman di olah dan dijadikan sebagai bumbu masakan hingga obat tradisional.

Salah satu nama obat tradisional yang sudah ada sejak nenek moyang kita lahir yaitu Jamu. Jamu tradisioal atau obat tradisional sering kali dijadikan sebagai alternatif dalam pengobatan suatu penyakit. Karena dianggap lebih manjur serta tidak harus menggunakan obat-obatan kimia.

Jika kamu masih tinggal di daerah pedesaan atau dekat dengan lahan pertanian, maka kamu akan mudah menemukan bahan dasar pembuatan jamu tradisional. Karena kebanyakan warga yang tinggal di pedesaan mau menanam tanaman herbal tersebut. Misalnya, seperti kunyit, jahe, lengkuas, sereh, dan masih banyak yang lainnya.

Mau tahu lebih banyak tentang jamu? Yuk disimak artikel dari Toko Jamu ini.

 Jamu


Jamu merupakan sebutan untuk obat tradisional yang berasal dari Indonesia. Jamu adalah ramuan atau racikan tradisional yang digunakan sebagai obat untuk penyakit ringan serta sebagai vitamin alami bagi tubuh dalam menjaga ketahanan dan kesehatan tubuh apalagi sehabis bernyanyi lagu chord satu rasa cinta seharian.

Pada umumnya, jamu terbuat dari tumbuh-tumbuhan, seperti akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, serta buah. Namun, ada juga yang menggunakan campuran empedu kambing, empedu ular, kuning telur ayam kampong, dan tangkur buaya.

Jamu adalah warisan budaya Indonesia yang sudah mengakar. Hampir diseluruh wilayah di Indonesia memiliki ciri khas jamunya sendiri. Awalnya, jamu dijajahkan menggunakan bakul yang terbuat dari anyaman rotan. Penjual jamu yang seperti itu disebut jamu gendong.

Disebut jamu gendong karena penjualnya yang mayoritas wanita, berkeliling desa berjualan jamu dengan cara menggendong bakul tersebut. Teknik jualan seperti inilah yang membuat jamu semakin autentik dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Saat ini sudah jarang dijumpai penjual jamu gendong. Kebanyakan sudah menaiki kendaraan seperti sepeda ataupun sepeda motor.

Asal Usul Jamu

Apakah kamu tahu jamu itu berasal dari mana??

Diperkirakan, jamu sudah ada sejak 1300 M. Fakta ini semakin diperkuat karena adanya temuan artefak Cobek dan Ulekan-alat tumbuk untuk membuat ramuan jamu. Selain itu juga ditemukan bukti lainnya seperti alat-alat membuat jamu yang bisa kamu temukan di Yogyakarta dan Surakarta, tepatnya di Candi Borobudur pada relief Karmawipangga, Candi Prambanan, Candi Brambang, dan beberapa lokasi lainnya.

Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah adalah pusat penjualan jamu tradisional yang lumayan terkenal di Indonesia. Dikarenakan banyaknya penjual jamu gendong di kabupaten itu, maka didirikanlah sebuah patung yang menyimbolkan atau sebagai identitas Sukoharjo.

Jenis – Jenis Jamu



Banyak sekali jenis jamu yang ada di Negara ini dengan khasiatnya masing-masing. Kali ini sobat jamu akan berbagi informasi tentang jenis-jenis jamu.

1.  Jamu Beras Kencur
2. Jamu Cabe Puyang
3. Jamu Kudu Laos
4. Jamu Kunyit (Kunir Asem)
5. Jamu Sinom
6. Jamu Pahitan atau Brotowali
7. Jamu Kunci Sirih
8. Jamu uyup-uyup (Gepyokan)
9. Jamu Galian Singset
10. Jamu Temulawak
11. Jamu Buyung Upik

Nah sobat jamu, itulah tadi sekilas informasi tentang asal usul dan jenis jamu secara garis besarnya saja. Di blog selanjutnya, sobat jamu akan berbagi informasi tentang resep jamu yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan menambah imun tubuh kita.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca blog Toko jamu ini, semoga bermanfaat dan jangan sampai ketinggalan kabar terbaru tentang jamu di TOKO JAMU ini.

0 Comments