9 Manfaat Minum Ginseng Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui


Ginseng, tanaman herbal yang banyak ditemukan di Asia, termasuk Indonesia, menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Ada dua jenis ginseng yang umum: Ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan Ginseng Korea (Panax ginseng).

Meski berbeda spesies, namun kedua jenis ini mengandung senyawa aktif yang sama, yaitu gintonin dan ginsenosides. Selain itu, mereka kaya akan nutrisi penting seperti kalsium, energi, zat besi, dan magnesium.

Apa Manfaat Ginseng?

Ginseng adalah tanaman herbal kaya nutrisi yang melampaui lemak dan karbohidrat. Ini mengandung mineral berharga seperti zat besi, kalsium, magnesium, potasium, seng, mangan, thiamin, dan vitamin C.

Selain itu, dua senyawa penting yang terdapat pada tanaman herbal ini, yaitu ginsenosides dan gintonin, saling melengkapi sehingga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Melalui artikel ini, penulis akan membahas tentang beberapa manfaat ginseng bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui, antara lain:

1. Mengurangi peradangan

Ginseng memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Manfaat ini disebabkan oleh kandungan ginsenoside-nya.

2. Meredakan sakit kepala

Sakit kepala bisa menjadi gejala awal dari masalah kesehatan mendasar yang menghambat aktivitas kita sehari-hari. Mengonsumsi rebusan ginseng secara bertahap dapat meringankan gejala sakit kepala.

3. Meningkatkan fungsi otak

Ginseng dapat membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk memori dan suasana hati. Manfaatnya terutama terlihat pada individu dengan penyakit Alzheimer atau jenis demensia lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Alzheimer's Research & Therapy menemukan bahwa orang dewasa lanjut usia yang mengonsumsi ginseng secara teratur selama minimal 5 tahun menunjukkan peningkatan fungsi kognitif dalam jangka panjang.

4. Melawan kelelahan

Ginseng dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan mengurangi rasa lelah yang berlebihan pada tubuh. Efek ini disebabkan oleh karbohidrat spesifik yang membantu penyembuhan individu dengan sindrom kelelahan kronis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ginseng juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan kekebalan pasien kanker yang menjalani operasi atau kemoterapi.Misalnya, mengonsumsi ginseng setelah operasi kanker perut menghasilkan pemulihan yang lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Lebih lanjut, tanaman herbal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien kanker stadium lanjut.

6. Mengobati pneumonia

Pneumonia adalah suatu kondisi peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh infeksi virus pernapasan syncytial (RSV), rhinovirus, dan virus influenza.

Untuk mengatasi kondisi ini, konsumsi rebusan ginseng secara rutin dapat membantu. Selain itu, ada pengobatan herbal lain yang tersedia untuk meringankan masalah kesehatan pernafasan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut di artikel "6 Pengobatan Alami untuk Kesehatan Pernafasan".

7. Meningkatkan kecerdasan

Fungsi ginseng lainnya adalah kemampuannya dalam meningkatkan kecerdasan pada anak. Selain itu, kandungan tanaman dapat mendukung kemampuan kognitif, perilaku, dan kualitas hidup anak di masa depan.

8. Mengatur siklus haid

Bagi mereka yang mengalami siklus haid tidak teratur atau nyeri haid (dismenore), mengonsumsi rebusan ginseng secara rutin dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman dan membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih baik.

9. Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan jumlah sel darah merah yang cukup. Gejala umum dari kondisi kesehatan ini termasuk pucat dan kelelahan. Namun ginseng dapat membantu mengatasi anemia dengan mengolahnya sebagai tonik, yaitu minuman herbal dengan rasa seperti anggur.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat minum ginseng bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, sekian dan terima kasih.

0 Comments