6 Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas untuk Kesehatan


Penggemar masakan Nusantara pasti sudah mengenal lengkuas dengan baik, bukan? Rempah asli Asia Selatan ini tidak hanya menjadi bumbu untuk berbagai masakan lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. 

Menurut ulasan yang diterbitkan pada tahun 2017 dalam jurnal "Pharmacognosy Review," lengkuas telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Lengkuas dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membuat air rebusan lengkuas. Pertanyaannya sekarang, apa manfaat dari air rebusan lengkuas untuk kesehatan tubuh?

Kandungan Nutrisi dalam Lengkuas

Lengkuas, atau sering disebut sebagai galangal root, adalah rempah yang memiliki kemiripan dengan jahe dan kunyit. Rempah ini juga dihargai di Asia sebagai tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang ringan.

Manfaat lengkuas sebagai obat herbal sebagian besar disebabkan oleh kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral penting di dalamnya. Berikut adalah beberapa komponen yang terdapat dalam 100 gram lengkuas:

Karbohidrat: 9,6 gram.

Serat: 1 gram.

Lemak: 0,4 gram.

Protein: 0,76 gram.

Selain itu, lengkuas juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti Thiamin (B1), Riboflavin (B2), Niacin (B3), Vitamin B6, Vitamin C, Zat besi, Kalsium, Magnesium, Mangan, Fosfor, Potasium, Sodium, dan Zink.

Manfaat Air Rebusan Lengkuas untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan lengkuas, di antaranya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lengkuas mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga mendukung penyerapan zat besi yang penting untuk sirkulasi darah yang sehat. Studi ilmiah menunjukkan bahwa sifat antimikroba di dalam lengkuas dapat memperkuat kekebalan tubuh secara alami.

2. Menjaga Tekanan Darah

 Lengkuas mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mencegah peningkatan tekanan darah yang berisiko terhadap berbagai penyakit. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

3. Menurunkan Kolesterol

Rutin mengonsumsi air rebusan lengkuas dapat membantu mengontrol atau menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam lengkuas dapat membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol.

4. Meredakan Kram Otot

Kandungan magnesium dalam lengkuas dapat membantu meredakan kram otot, terutama setelah melakukan olahraga intens.

5. Mengatasi Sembelit

Berkat kandungan seratnya, lengkuas dapat membantu mengatasi sembelit dengan mendukung pergerakan usus yang baik.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dalam lengkuas membantu menjaga kepadatan tulang dan penyerapan mineral lainnya dalam tubuh.

Itulah pembahasan tentang manfaat minum air rebusan lengkuas untuk kesehatan tubuh, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi setiap para pembaca, sekian dan terima kasih.

0 Comments