5 Manfaat Minum Wedang Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh


Temulawak, sebuah tanaman obat-obatan asli Indonesia dengan nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini dapat ditemukan luas di Pulau Jawa, dan juga tersebar di Malaysia dan Thailand. Di bahasa Sunda, kita mengenalnya sebagai "koneng gede," sementara di bahasa Madura disebut "temu labak.

" Temulawak juga sering disebut sebagai "Java ginger" atau "jahe Jawa" karena tergolong dalam keluarga yang sama dengan jahe, yaitu Zingiberaceae. Temulawak tumbuh subur terutama di dataran rendah dengan tanah yang gembur, yang memungkinkan rimpangnya untuk berkembang besar. Bahkan, tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Selain digunakan sebagai bahan masakan, temulawak memiliki berbagai manfaat dan kegunaan yang penting untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat jamu wedang temulawak bagi kesehatan:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Temulawak memiliki kemampuan untuk meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan lainnya. Menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, penelitian menunjukkan bahwa suplemen temulawak secara rutin dapat membantu memperbaiki kondisi pasien yang menderita penyakit kolitis ulserativa.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Temulawak dapat menjadi solusi bagi orang tua yang memiliki anak yang sulit makan. Temulawak yang telah diolah menjadi suplemen atau jamu dapat membantu mempercepat proses pengosongan lambung sehingga nafsu makan anak akan meningkat.

3. Pencegahan Kanker

Temulawak dapat membantu dalam pengendalian, pencegahan, bahkan pengobatan beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara. Kandungan Curcuma dalam temulawak diketahui dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Antioksidan yang terdapat dalam temulawak juga dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang dapat menyebabkan kanker.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagian terbaik dari temulawak untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah rimpangnya. Rimpang temulawak mengandung berbagai senyawa seperti amilase, fenolase, lemak, pati, mineral, turunan fenol (kurkuminoid), dan minyak atsiri. Senyawa-senyawa ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Mencegah dan Merawat Jerawat

Temulawak memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, sifat antibakteri dan antioksidan dalam temulawak juga dapat membantu menyembuhkan jerawat.

Demikianlah pembahasan tentang minum wedang temulawak untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih.

0 Comments