Cara Mengolah Lengkuas Untuk Obat Herpes

 


Pengidap penyakit herpes tentu memerlukan pengobatan yang tepat, salah satu pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional terkenal ampuh dan lebih aman karena bahan-bahan pembuatannya yang alami.

Dengan dosis yang tepat, bahan-bahan alami dapat disulap menjadi obat tradisional yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu contohnya ialah tanaman lengkuas yang dapat dijadikan obat untuk mengobati penyakit herpes.

Mengenal Penyakit Herpes

Herpes adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan infeksi. Ditandai dengan kulit kering, luka lepuh, atau luka terbuka yang berair. Herpes simplex virus (HSV) dan varicella-zoster virus (VZ) adalah jenis virus herpes yang umum menyerang manusia.

Virus herpes dapat menyerang siapa saja. Adanya riwayat kontak fisik dengan penderita infeksi virus ini dan daya tahan tubuh yang sedang lemah adalah faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terinfeksi virus herpes. 

8 Virus herpes yang dapat menginfeksi manusia :

             Herpes simplex virus tipe 1 (HVS 1)

             Herpes simplex virus tipe 2 (HVS 2)

             Epstein-Barr virus (EBV)

             Varicella-zoster virus (VZV)

             Cytomegalovirus (CMV)

             Herpesvirus 6 (HBLV)

             Herpesvirus 7

             Herpesvirus 8 sarkoma Kaposi

Lengkuas Sebagai Obat Alami Penyakit Herpes

Lengkuas tentu sudah tidak asing lagi didengar, bumbu dapur yang sering di jadikan bahan utama bumbu memasak ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya. Salah satunya ialah untuk mengobati penyakit herpes.

Kandungan fitonutrien dan antioksidan yang ada pada lengkuas terkenal mampu mencegah peradangan pada tubuh dan melawan kerusakan akibat radikal bebas untuk mencegah penyakit kanker. Lengkuas juga kaya akan serat makanan, yang mampu meningkatkan pencernaan. vitamin A yang mampu mengoptimalkan penglihatan dan vitamin C yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Berdasarkan kandungan yang ada dalam lengkuas, maka tak heran jika bahan dapur yang satu ini dijadikan sebagai bahan pokok pembuatan obat tradisional. Lengkuas yang diolah menjadi obat tradisional disebut dengan jamu kudu laos.

Resep Pembuatan Jamu Kudu Laos

 Bahan-bahan :

- 1 buah mengkudu tua, potong-potong

- 4 jari lengkuas (rimpang laos) merah, potong-potong

- 1 jempol jahe merah, kupas dan memarkan

- 1 jari kencur, kupas dan memarkan

- 7 butir kapulaga, pukul sampai retak

- 2 sendok teh ketumbar

- 4 gelas air (800ml)

- 2 sendok gula merah

Cara membuat :

1. Rebus semua bahan dengan api kecil hingga mendidih dan air menyusut.

2. Setelah matang, saring rebusan hingga hanya tersisa air rebusan.

3. Tambahkan gula semut aren sebagai penetral rasa pahit dari bahan-bahan rebusan.

4. Minum selagi hangat.

Jamu adalah obat tradisional yang harus diminum secara teratur dan dalam porsi yang tepat untuk merasakan manfaatnya. Mengkonsumsi jamu dalam porsi yang tidak tepat dan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.  

0 Comments