Langsung ke konten utama

Ramuan Jamu Herbal untuk Redakan Kembung

Teman-teman yang sering mengkonsumsi obat-obat kimia dan suplemen untuk meredakan kembung, disarakan agar berpindah haluan dan mulai mengkonsumsi ramuan herbal tradisional atau jamu. Banyak resep dari ramuan tradisional ini yang bisa menjaga dan meningkatkan imun dan kekebalan tubuh agar tidak terkena penyakit. Di tengah musim dan cuaca yang tidak menentu seperti ini, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat di perlukan. Jika sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh terjaga, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit. Jamu tradisional selain mudah diracik, bahan-bahan pembuatannya juga sangat mudah untuk ditemukan. Beberapa bahan herbal atau rempah-rempah yang bisa digunakan untuk membuat ramuan ini antara lain adalah jahe, kunyit, lengkuas, kayu manis, serai dan lain sebagainya yang bisa kita temukan di dapur rumah kita. Bahan tersebut juga sangat mudah kita temukan di pasar tradisional tempat kita berada, supermarker atau mini market, bahkan di warung-warung dekat rumah te

4 Resep Jamu untuk Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba


Jamu adalah obat alternatif yang teruji memiliki khasiat dan terbuat dari bahan herbal alami. Tradisi turun temurun ini masih dipakai karena jamu tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, serta kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu juga sangat tercangkau.

Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu, berasal dari dapur masing-masing. Contohnya, jahe, kunyit, asam, dan yang lainnya.

Menyebarnya virus Covid 19 serta buruknya kondisi cuaca saat ini, mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Disaat seperti inilah kita membutuhkan vitamin dan obat-obatan penambah imunitas tubuh.

Namun, merebaknya virus Covid 19 membuat harga obat dan vitamin penunjang daya tahan tubuh naik. Kamu bisa beralih ke jamu tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan berbahan kimia yang memiliki pengawet.


Jamu Daya Tahan Tubuh

Kamu dapat menambah imunitas tubuhmu dengan jamu daya tahan tubuh. Jika kamu terserang virus Covid 19 pun bisa meminum jamu untuk daya tahan tubuh. Jamu untuk daya tahan tubuh ini juga bisa kamu buat sendiri.

Berikut 4 kumpulan resep jamu tradisional jawa yang bisa kamu coba sendiri dirumah.


A. Resep Jamu Kunyit Asam





Bahan-bahan:

1. 500 gr Kunyit

2. 250 gr gula jawa

3. 500 gr asam jawa

4. 2000 mL air

5. ¼ sdt garam

Cara membuat:

1. Kupas kunyit, bersihkan, lalu parut atau bisa juga di blander sampai halus

2. Saring dan ambil airnya

3. Rebus 1 gelas air bersama air kunyit dan ditambahkan asam, gula, dan garam

4. Aduk dan dimasak hingga air mendidih

5. Angkat dan dinginkan

Tambahan: jamu kunyit asam ini diminum 2x sehari.


B. Resep Jamu Jahe



Bahan-bahan:

1. 1 potong jahe segar

2. 2 potong kunyit

3. ½ batang kayu manis

4. 1 sdt madu

5. 600 cc air putih

6. Santan kelapa (optional)

Cara membuat:

1. Kupas jahe dan kunyit, lalu rebus dengan ditambah kayu manis

2. Gunakan api kecil dan biarkan mendidih selama 10 menit

3. Jika sudah masak, matikan api dan masukkan madu kedalam jamu

4. Aduk rata, saring, dan sajikan

5. Jika suka, bisa menambahkan santan kelapa

Tambahan: jamu jahe ini diminum sekali sehari.


C. Resep Wedang Jahe



Bahan-bahan:

1. 2 ruas jahe, geprek atau iris tipis

2. 2 batang serai, geprek atau iris tipis

3. 1 sdm madu

4. Gula sesuai selera

5. Air secukupnya

Cara membuat:

1. Kupas jahe, bersihkan serai, lalu rebus hingga tercium aroma harum

2. Tuang air rebusan ke cangkir

3. Tambahkan madu dan gula sesuai selera

Tambahan: wedang jahe ini diminum sekali sehari.


D. Resep Bawang Putih Tunggal



Bahan-bahan:

1. 2 biji bawang putih tunggal

2. 1 gelas air hangat

3. Madu sesuai selera

Cara membuat:

1. Kupas dan cuci bawang putih tunggal

2. Geprek bawang putih hingga halus dan campurkan kedalam air hangat

3. Tambahkan madu sesuai selera

4. Jamu bawang putih tunggal siap untuk diminum

Tambahan: jamu bawang putih tunggal ini diminum sekali sehari.

Itulah 4 resep jamu untuk daya tahan tubuh di musim pancaroba. Kamu bisa langsung membuatnya, agar daya tahan tubuh keluarga tetap terjaga dan tidak terserang virus Covid 19. Semoga informasi yang diberikan Toko Jamu bermanfaat untuk kamu, nantikan khasiat-khasiat, resep-resep jamu lainnya di Blog Toko Jamu Kesayangan kamu. Salam Sehat!!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Jamu Asam Urat Tradisional

  Saat kaki Anda tiba-tiba terasa nyeri dan mendadak bengkak, kemungkinan itu penyakit asam urat. Ganguan ini terasa pada daerah persendian dan jempol kaki seseorang. Ketika Anda mengalaminya, kemungkinan akan kesulitan untuk berjalan dan mengganggu aktivitas lainnya. Rasa mengganggu ini tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena berikut kami sampaikan ramuan jamu asam urat tradisional yang mudah untuk dibuat dirumah. penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi bermanfaat di bawah ini sampai habis ya. Redakan Sakit Asam Urat dengan Jamu Tradisional Asam urat merupakan gangguan radang sendi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, kadar asam urat ini harusnya tetap terjaga dalam kadar normal untuk menghindari rasa nyeri pada sendi, terutama di kaki. Banyak jenis obat yang bisa menurunkan kadar asam urat di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu, tapi terlalu lama mengonsumsi obat ini akan memiliki

7 Resep Jamu Keputihan Penghilang Bau Tak Sedap

Keputihan adalah kondisi ketika lender kental atau cairan bening keluar dengan sendirinya dari vagina. Kondisi keputihan normal merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan, kelembapan, serta untuk melindungi organ intim wanita dari infeksi. Sementara keputihan tidak normal disebabkan adanya infeksi jamur, bakteri atau parasit pada vagina. Penyebab keputihan tidak normal yaitu: 1. Mengonsumsi pil KB dan obat Kortikosteroid 2. Menderita penyakit diabetes 3. Berhubungan intim tanpa menggunakan kondom dan sering berganti pasangan 4. Mengalami iritasi didalam atau sekitar vagina 5. Menopause 6. Terlalu sering menggunakan sabun yang mengandung parfum dan sabun antiseptik pada vagina. Pengobatan yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi hingga mengobati keputihan, bisa menggunakan obat-obatan kimia dan bisa juga menggunakan obat herbal tradisional. Obat kimia mungkin memiliki proses yang cepat, namun efek yang ditimbulkan bagi organ tubuh yang lain, akan memunculkan penyaki