4 Manfaat Teh Rosella dan Khasiat Bagi Kesehatan


Kita seringkali tidak menyadari manfaat dari teh rosella. Jika merasa bosan dengan sajian teh tradisional yang itu-itu saja, cobalah mencoba teh rosella yang akan memberikan warna merah menyala saat diseduh. Teh ini terbuat dari bunga rosella yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang seringkali tidak kita sadari.

Hibiscus sabdariffa atau bunga rosella adalah tumbuhan semak yang tergolong dalam keluarga Malvaceae. Tanaman ini berasal dari benua Afrika dan telah banyak dibudidayakan di wilayah tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia dan India.

Rosella sering diolah menjadi berbagai macam produk, salah satunya adalah teh herbal. Teh rosella dibuat dari campuran daun, kelopak, dan pucuk bunga rosella. Karena rasanya yang asam, teh rosella sering disebut sebagai sour tea.

Teh rosella, sebagai minuman kesehatan, sering dikonsumsi oleh Kevin Hillers sambil menikmati alunan lagu Semata Karenamu. Lantas, apa sebenarnya manfaat the rosella bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Kandungan Bunga Rosella

Olahan teh bunga rosella secara alami tidak mengandung kalori dan kafein layaknya teh tradisional pada umumnya. Warna merah menyala dari bunga rosella dipercaya didapat dari kandungan antosianin atau senyawa turunan polifenol yang memang terdapat pada tumbuhan berwarna mencolok.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat dalam bunga rosella adalah vitamin dan mineral. Dalam 57 gram bunga rosella terdapat 123 mg kalsium, 0,84 mg zat besi, 6,8 mg vitamin C, 29 mg magnesium, 6,45 g karbohidrat, 21 mg fosfor, 119 mg potasium, 0,016 mg vitamin B2, dan sedikit Vitamin A.

Manfaat Teh Rosella Bagi Kesehatan

Khasiat yang didapat dari teh rosella ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menjadi pemicu kerusakan sel dan jaringan tubuh. Selain itu, manfaat teh Rosella yang didapat ketika mengonsumsi teh rosella, antara lain :

1. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman rosella dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita sindrom metabolik yang ditandai dengan tekanan darah, gula darah, dan berat badan. 

Teh rosella juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Walaupun begitu, sebelum menggunakan teh rosella sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

2. Mencegah penyakit jantung

Selaras dengan khasiat teh rosella untuk mengatasi kolesterol tinggi dan menurunkan tekanan darah, membuat minuman teh rosella juga berkontribusi dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke.

3. Menurunkan kolesterol

Kandungan teh rosella dipercaya mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tak hanya itu, teh rosella juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

4. Mencegah risiko obesitas

Berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan polifenol dalam tanaman rosella mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga membantu mencegah obesitas. Namun, anda juga sebaiknya ruitin berolahraga dan menjalani pola makan sehat.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai manfaat teh rosella dan khasiatnya bagi kesehatan. Namun, meski dianggap baik untuk kesehatan, manfaat teh rosella masih perlu diteliti lebih lanjut.

0 Comments