Langsung ke konten utama

Resep Jamu Jahe Jeruk Nipis, Ramuan Ajaib Pereda Demam

  Tahukah kamu ada ramuan ajaib yang terbuat dari hanya dengan dua bahan saja, yaitu jahe dan jeruk nipis? Bahkan cara pembuatannya juga ga sulit loh.  Bahannya mudah ditemukan, bahkan ibu Shenina Cinnamon pasti nyetok bahan ini di kulkas. Tak hanya memberikan manfaat untuk masak, jeruk nipis dan jahe juga bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda loh. Maka dari itu ada baiknya Anda menyimak artikel untuk mengetahui bagaimana cara membuat ramuan dari jeruk nipis dan jahe. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Ramuan Ajaib Jeruk Nipis dan Jahe Siapa sangka bahan yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata bisa dibuat sebagai ramuan jamu tradisional. Bahkan, ramuan tersebut juga bida memberikan banyak manfaat untuk Raja Yordania Abdullah II . Adapun manfaat jamu jahe dan jeruk nipis adalah: 1. Menjadi Penambah Energi Jahe merupakan rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya menghangatkan tubuh dan menjadi penambah energi. Meminum air jahe h

Resep Kuno Jamu ala Keraton Solo, untuk Meningkatkan Stamina Pria

Daya tahan tubuh atau stamina merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman penyebab infeksi dan penyakit.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, kuman dan virus yang berusaha menyerang akan dapat dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi sehingga tidak jadi sakit.

Terdapat bermacam cara untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh dalam kondisi cuaca yang sedang tidak menentu akibat anomali iklim. Salah satunya adalah dengan meminum ramuan tradisional jamu.

Terkhusus untuk pria, berikut ini Resep Jamu kuno ala Keraton Solo yang dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Simak selengkapnya!

Resep Jamu untuk Menjaga Stamina Pria

1. Klabet direbus lalu dibuang airnya, kemudian direbus sekali lagi. Setelah matang, klabet dibungkus kain dan diperas. Air perasan itu kemudian direbus, dicampur dengan gula dan mentega. Setelah mendidih, angkat lalu dinginkan. Minum satu sendok makan tiap pagi dan malam sebelum tidur.

2. Air rebusan klabet satu cangkir ditambah gula dan mentega, direbus hingga mendidih lalu minum setelah tidak terlalu panas.

3. Rebusan bahan komplet dalam satu kuali. Bahannya terdiri dari:

  • Daun legundi: 1 genggam
  • Daun gude: 1 genggam
  • Temu lawak diiris lalu dijemur sampai kering.
  • Jongrab: 1 genggam, dicuci dalam air rendaman apu
  • Kayu ulet: 3 buah
  • Jeruk nipis: 3 butir, dibuang isinya, 1 butir dibelah.

Semua bahan direbus dalam satu kuali hingga mendidih. Air rebusannya silakan diminum tiap hari. Bahan-bahan obat tradisional tersebut bisa diperoleh di toko shinse atau klinik herbal, dan banyak juga dijual di toko online.

Petunjuk Penggunaan Tanaman Obat

Dalam pengantarnya, Naresworo Dyan Benowo menjelaskan untuk mendapatkan bahan yang terbaik dari tanaman obat, perlu diperhatikan pedoman saat pengumpulan bahan obat secara umum berikut ini:

  1. Daun dikumpulkan sewaktu tanaman berbunga dan sebelum buah masak
  2. Bunga dikumpulkan sebelum atau segera setelah mekar
  3. Buah dipetik dalam keadaan masak
  4. Biji dikumpulkan dari buah yang masak sempurna
  5. Akar, rimpang (rhizome), umbri (tuber), dan umbi lapis (bulbus) dikumpulkan sewaktu proses tumbuhan berhenti.

Selanjutnya, bahan obat yang sudah dikumpulkan segera dicuci dengan air mengalir dan bisa segera dimanfaatkan dalam kondisi segar. Tapi bisa juga dikeringkan untuk disimpan dan digunakan sewaktu-waktu.

Dengan dikeringkan, bahan obat itu bisa lebih tahan lama alias tidak mudah busuk karena jamur atau bakteri. Selain itu, bahan obat yang dikeringkan juga lebih mudah dihaluskan atau dibuat serbuk.

Cara Mengeringkan Bahan Obat

  1. Bahan berukuran besar dan banyak mengandung air dapat dipotong-potong seperlunya terlebih dulu
  2. Pengeringan bisa langsung di bawah sinar matahari atau menggunakan pelindung seperti kawat halus agar pengeringan tidak terlalu cepat
  3. Pengeringan bisa juga dilakukan dengan mengangin-anginkan bahan di tempat teduh atau di dalam ruang pengering yang aliran udaranya baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Resep Jamu untuk Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Jamu adalah obat alternatif yang teruji memiliki khasiat dan terbuat dari bahan herbal alami. Tradisi turun temurun ini masih dipakai karena jamu tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, serta kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu juga sangat tercangkau. Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu, berasal dari dapur masing-masing. Contohnya, jahe, kunyit, asam, dan yang lainnya. Menyebarnya virus Covid 19 serta buruknya kondisi cuaca saat ini, mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Disaat seperti inilah kita membutuhkan vitamin dan obat-obatan penambah imunitas tubuh. Namun, merebaknya virus Covid 19 membuat harga obat dan vitamin penunjang daya tahan tubuh naik. Kamu bisa beralih ke jamu tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan berbahan kimia yang memiliki pengawet. Jamu Daya Tahan Tubuh Kamu dapat menambah imunitas tubuhmu dengan jamu daya tahan tubuh. Jika kamu terserang virus Covid 19 pun bi

Cegah Anemia dengan Jamu Penambah Darah

  Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan berbagai ramuan herbal atau jamu. salah satunya adalah bagi orang yang mengalami penyakit kurang darah atau anemia. Selain bisa mengonsumsi obat penambah darah yang dijual di apotek, kamu juga bisa mengonsumsi jamu. Beberapa gejala yang bagi penderita anemia adalah mengalami pusing, pingsan, warna kulit memucat, rambut rontok, sesak nafas dan sebagainya. Nah, sekarang kamu bisa mengatasi masalah ini dengan rajin mengonsumsi berbagai bahan alami atau jamu. Apa saja? yuk, simak ulasannya di bawah ini. Lihat juga, Anemia Gravis Rauman Alami atau Jamu Penambah Darah 1. Jus Buah Bit Jamu penambah darah yang pertama bisa kamu dapatkan dari minum jus buah bit. Tahukan kamu bahwa jus buah bit ini memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi? Tidak hanya cocok untuk mengatasi masalah darah rendah atau anemia, buah bit juga kaya akan antioksidan sehingga bisa membuat kulit lebih segar dan glowing. Kamu bisa menambahkan madu untuk mengurasi

Rekomendasi Jamu Asam Urat Tradisional

  Saat kaki Anda tiba-tiba terasa nyeri dan mendadak bengkak, kemungkinan itu penyakit asam urat. Ganguan ini terasa pada daerah persendian dan jempol kaki seseorang. Ketika Anda mengalaminya, kemungkinan akan kesulitan untuk berjalan dan mengganggu aktivitas lainnya. Rasa mengganggu ini tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena berikut kami sampaikan ramuan jamu asam urat tradisional yang mudah untuk dibuat dirumah. penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi bermanfaat di bawah ini sampai habis ya. Redakan Sakit Asam Urat dengan Jamu Tradisional Asam urat merupakan gangguan radang sendi yang timbul akibat tingginya kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, kadar asam urat ini harusnya tetap terjaga dalam kadar normal untuk menghindari rasa nyeri pada sendi, terutama di kaki. Banyak jenis obat yang bisa menurunkan kadar asam urat di tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu, tapi terlalu lama mengonsumsi obat ini akan memiliki